Pages

(Lagi lagi) komen spam

Blog ini saya terapkan sistem moderasi dalam komentarnya. Pada awalnya, saya menganut paham 'komen langsung nongol' hanya saja setelah beberapa lama, saya merasa hal itu sudah tidak efektif lagi. Blogger yang sekarang berbeda jauh dengan blogger 3 tahunan yang lalu. Masih sopan sopan. Bila dibandingkan dengan blogger yang sekarang, rasanya moment-moment jaman dulu itu lebih baik. Saya tidak ngomong kalo blogger yang sekarang jelek. Hanya saja, ada pergeseran paham dan 'idealis'..
Salah satu contohnya adalah semakin maraknya komen spam bila dibandingkan dengan komen komen yang bermutu atau paling tidak, 'nyambung' dengan content. Saya pikir ini ada kaitannya dengan keinginan temen temen blogger yang pengen dapet backlink dengan cara 'cepat' menurut mereka. Padahal kalau ditinjau lagi, lebih banyak sisi negatif yang didapat daripada sisi positifnya.
Komen spam, jika dipikir pikir tidak ada baiknya. Berikut ini faktanya :

  1. Bagi pemilik blog, komen spam sangat mengganggu dan sebisa mungkin dihapus. Hal ini berlaku juga bagi saya :D Toh apa untungnya mempertahankan komen yang tidak nyambung dan 'tidak berguna' seperti itu.. (maaf bagi spammer, tapi itu kenyataannya)
  2. Si pengomen dapet citra negatif. Bukannya blognya dikunjungi, malah kemungkinan besar di black-list sama si empunya blog :)
  3. Si pengomen hanya membuang waktu. Kenapa? Dia menulis komen yang hanya akan dihapus :)
  4. Gagal dapet backlink.. (masih merujuk point #3)

3 comments:

  1. Waduh ketat bget gan, ky msuk gedung putih sj...hehehe

    btw, salama Kenal. Blog Pemula

    ReplyDelete
  2. hehe... memang mengesalkan klo dapet komment yang spam. hapus aja klo komentar ini klo spam. hehe,,,, salam kenal

    ReplyDelete
  3. iya.. terkadang memang kesal sama comment yg spam. tapi sebenernya sih tinggal hapus aja.hehehe.. Salam kenal...

    ReplyDelete

Sangat dianjurkan berkomentar, tapi jangan nyepamm . OK?!