Pages

Ayooo make sopwer open source

Ada yang belum tahu open source itu apaan? Pasti pikirannya 'gratis' :D Kalau berbicara open source itu memang mengasyikkan.. Ada sense gimanaa gitu. Coba deh bayangin, kita pake sopwer mo instal di berapa komputer, kapan aja, dipake berapa kali juga tetep GRATIS. Enaknya di situ kalo make sopwer Open Source. Eitss,, jangan berpikir negatif dulu kalau sopwer open source itu jelek. Malahan sebaliknya. Makanya sopwer open source berani terang-terangan bersaing ama sopwer komersil.
Contoh aja deh :

Ada yang tahu Ubuntu? Nah.. Itu salah satu sopwer open source. Artinya, dia [ubuntu --red] bisa dikembangkan dan dimodifikasi oleh siapa saja, selama mengikuti aturan yang ada. Ubuntu hebat lhoh.. bisa buat administrasi server yang powerfull. Buat aplikasi game, perkantoran? seep juga. Pokoke top markotop dah. Memang sih, varian atau macemnya banyak. Tinggal pilih sesuai selera. Kalau ada yang bingung mau pilih yang mana, ini ada postingan thom yang mengulas tentang Varian Ubuntu.

Atau mau yang high spec distro [selain Ubuntu]? Bisa dicoba Open Suse atau Mandriva. Mangtabs banget tuh.

Itu baru sistemnya. Belum sopwernya. Ada gimp. Istilah kerennya, Photoshopnya linux tuh :D. Siapa yang gak kenal Mozilla FireFox? Itu juga salah satu sopwer open source juga.. Makanya tiap beberapa bulan dah keluar versi barunya..Atau Inkscape, buat yang suka utak atik vektor. Seperti sopwer CorelDraw-lah kalo di Windos. Ada pidgin, untuk chatting. Ada OpenOffice untuk aplikasi kantor. Ada lain lain dah. Banyak pokoke. Tinggal pilih aja.. Kalau mau enaknya, tinggal klik link berikut ini buat liat daftar sopwer nyang Open Source :D

Selama ini kalau thom lihat, temen temen thom pada milih Windos karena tampilannya. padahal malah bagusan linux lhoh.. Dia bisa dioprek supaya mirip Windos. Bahkan yang make Desktop KDE dengan versi terbaru 4.3, 'mengalahkan tampilan Windos 7'. Bahkan ada yang bilang diforum kalau W7 meniru KDE ini. CMIIW Atau, bisa dioprek supaya mirip Mac juga. Efek efeknya 'mak nyuss' juga..

Efek cube


Tampilan glossy dengan KDE [mirip W7 kan?? :D]







Ini Ubuntu yang dibikin mirip ama Mac


Selain itu, enaknya make open source, instal sopwer langsung pake :D senengnya itu.. Gak usah mikir crack/ keygen segala. Instalalangsung pake. Gak dikejar kejar sama tanggal deadline sopwer yang trial juga. Dah lama sekali tuh thom dah merasa bebas :D Juga tenang tenang saja tuh sama 'razia sopwer' :D

Yang paling berkesan, itu kalau di open source, selalu ada pengembangan. Hampir tiap minggu/ bulan/ tahun. Jadi bisa selalu up-to-date. Meski yang persi komersiil juga dikembangkan, tapi kan biasanya lama.

Pokoke beda lah :) Yok, sama sama make open source. Sekalian ngurangin ngebajak sopwer.. We can do everything with Open source software.. Ayoo..

**Rahasia Publik : Ubuntu Lucid Lynx (taunya cuman Ubuntu, masalahnya aku make itu :D) udah mau rilis lhoo.. Katanya yang udah pada nyoba, boot-timenya cuman 3 detik?!! Gila bener. Trus performanya juga makin sip, dengan load program yang cepat, meski hanya dengan RAM 256 aja.. Jadi gak tahan nunggu persi pinalnya keluar.. :D**

Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009.

4 comments:

  1. Saya lebih suka sama software gratis..daripada open source, Soalnya saya juga nggak donk sama source codenya,, hehe.

    ReplyDelete
  2. iya neh, harus belajar banyak sama thom klo soal sopwer opensor,,

    betewe lama ga ketempatku jadi lupa ya jalannya?? hehe..

    ReplyDelete
  3. @gojeg..
    wakakaka.. mental gratisan **ngingetin diri sendiri :D** Gak perlu sourcenya kok klo gak mau :P

    @titimatra
    wakakaka.. kang titimatra bisa ae.. Sama sama belajar juga :D

    **gak lupa. Cuman menunya 'londo' semua, aku kan citarasanya dalam negri alias lokal :D

    ReplyDelete
  4. Wah, bisa dicoba nich....
    thanks buat informasinya....
    and pake' yang gratisan ini susah nggak pakenya?....

    ReplyDelete

Sangat dianjurkan berkomentar, tapi jangan nyepamm . OK?!