Pages

[Download] Notepad2 : Notepad freeware

Sekilas tentang Notepad
Notepad, meskipun simple namun sebenarnya software yang harus bayar sekian ratus dollar ($) ini, tetap menjadi primadona. Lho kok? Ya soalnya kalau mau pakai musti beli Windowsnya itu, hihihi.. (Ngapain bayar padahal yang b*j*k*n banyak??! Hehehehe) Memang selain ringan, software yang membentuk ekstensi .txt untuk setiap file-nya (default) ini juga aman virus. Lha mau terinfeksi dari mana?? Wong menunya serba pas-pasan. Ya. Notepad memang hanya khusus untuk text (amanya aja Text Editor). Tidak bisa untuk menampilkan/ membuat layout table --contohnya, seperti ketika kita bekerja dengan Word Proccessor. Notepad ini memang sangat populer sekali di dunia programming. Editor paling fleksibel!

Software bawaan setiap versi Windows mulai dari Windows 95 sampai yang sekarang Windows Vista ini memang hanya tampil dengan menu minimalis. Bukan karena memiliki paham minimalis modalis atau tidak punya modal hehehe tapi memang didesain seperti itu. Malahan lebih menguntungkan. Bisa untuk membuka beberapa tipe file, tidak terbatas hanya untuk file dot te ex te saja (yang penting text-lah). Di kalangan programmer, NotePad adalah idola. Biasa... untuk script editor.. Tapi ketika proses edit mengedit script dan membutuhkan perbaikan atau terjadi error di 'line ke bla bla bla' Sangat susah jika kita edit padai Notepad. Mengapa?? Dia --Notepad thom, blind window! Cuman menu bar thok. Kita harus menghitung sendiri barisnya!!! Mau pakai Dreamweaver.. iya kalau ada. Klau pas lagi di warnet ???


Pengganti Notepad
Sooo, ini solusinya! Notepad2!!! Kok ada Notepad ama Notepad2?? Apa bedanya? Jelas beda dong.. Notepad2 ini adalah freeware. Ukurannya yang sangat ringan membuta software ini fleksibel dibawa kemana-mana. Tidak perlu instalasi kok. Cukup double klik aja kalau mau pakai. Istilah kerennya 'portable application' mungkin ya..

Bedanya??
Klo ditilik dari perannya sih tidak jauh beda. Ya tetep aja text editor. Namun hal yang paling menonjol ialah Notepad2 memiliki Line Number. Jadi kita kalau mau edit tidak pakai acara bingung. Langsung ke line berapa. Perbedaan lainnya adalah penambahan icons seperti icon New File, Open de el el; selain menu barnya. Juga ada fasilitas :

  • Memperbesar font (zooming kamsudnya..),

  • Scheme --penjelasan asalnya macem script yang kita buat, text biasa atau bahasa pemrograman, dan

  • fasilitas tambahan lain yang disertakan sehingga semakin memudahkan kita. Tapi, tetep ringan!!!


Kelemahan
Kelemahan?? Apa yaa.... Kalau saya sendiri merasakan ketika kita hendak menyimpan file, harus mengisikan ekstensinya. Maksudnya begini, kita harus menuliskan tambahan '.txt'kalau kita mau menyimpan file, meskipun sudah diset schemenya Default Text. Tapi tidak masalah tuh bagi saya. Notepad biasa juga kayak gitu. Cuman dia kalau text, ketika menyimpan ekstensinya sudah otomatis ditambahkan. Tapi over all, lumayanlah dari pada yang biasa.

Pengen punya??? Download aja disini.
Download

No comments:

Post a Comment

Sangat dianjurkan berkomentar, tapi jangan nyepamm . OK?!