Pages

Variant Ubuntu

Siapa yang penasaran dengan jenis alias varian Ubuntu?? Nah, kali ini thom berusaha menguak sejelas-jelasnya dan sedalam-dalamnya mengenai varian Ubuntu. Bermula dari keingintahuan yang begitu besar dengan sistem operasi yang katanya paling banyak digunakan ini, jadilah beberapa hari thom 'blusukan' di mbah Gugel. [Ada yang gak tahu 'blusukan'? :D]

Atau ada yang berniat ingin bergabung dengan komunitas Ubuntu cuma bingung mau memakai yang mana? Nah ini dia ulasannya.


Dari hasil 'blusukan' ternyata memang yang paling lengkap daftarnya hanya dari wikipedia.
  • Kubuntu
    Ini merupakan varian Ubuntu yang menggunakan KDE.
    Kubuntu
  • Edubuntu
    Memuliki tujuan "Membawa Ubuntu ke sekolah", menggunakan basis Ubuntu dan ditujukan untuk institusi pendidikan. Menggunakan Gnome.
    Edubuntu
  • Xubuntu
    Turunan Ubuntu yang satu ini menggunakan lambang tikus yang sedang berlari dan menggunakan Xfcs interface serta ditujukan sebagai ubuntu versi ringan.
    Xubuntu
  • CrunchBang
    Varian Ubuntu dengan Openbox-window manager yang ringan serta dilengkapi dengan aplikasi GTK + yang dikembangkan dari minimal Ubuntu dan dirancang untuk menawarkan keseimbangan dan fungsi yang baik.
    Chrunchbang Linux
  • Linux Mint
    Ubuntu yang satu ini merupakan salah satu jenis varian yang cukup sesuai untuk newbie. Interfacenya yang menggunakan KDE, serta sudah dilengkapi dengan plugin multimedia, sehingga bisa langsung dipakai untuk memutar em pe tri setelah instalasi. Cocok buat pemula yang tidak ingin repot instal codec dan embel-embelnya. :)
    Linux Mint
  • Super Ubuntu
    Ini merupakan remaster dari Ubuntu Itrepid Ibex dan sudah dilengkapi dengan aplikasi tambahan yang sudah cukup lengkap, terbaru dan super serta ditambahkan didalamnya Flash, JRE dan audio. Cocok buat yang ingin tidak ingin dengan repotnya update serta langkanya [atau bahkan tidak ada] koneksi internet.
    Super Ubuntu
  • Ubuntu Ultimate
    Hampir sama dengan Super Ubuntu. Hanya saja jika Super Ubuntu masih mempertahankan image Ubuntunya, yang Ubuntu ini masih ada hanya saja 'samar' dan lebih menampilkan kesan sangar. Wew..
    Ubuntu Ultimate
  • nUbuntu
    Kependekan dari Network Ubuntu. Lebih menekankan pada keamanan jaringan.
    nUbuntu
  • OpenGEU
    OpenGEU merupakan sebuah distro berbasis Ubuntu yang menggunakan GNOME dan Enlightenment sebagai window manager. Lumayan Keren.
    Open GEU
  • UbuntuME [Muslim Edition]
    Ubuntu Muslim Edition diciptakan untuk memfasilitasi kaum Muslim dalam menggunakan Sistem Operasi yang siap pakai, dan dilengkapi dengan aplikasi seperti Al-Qur'an, pengingat sholat, Hadits dan lain sebagainya.
    Ubuntu Muslim Edition
  • UbuntuCE [Christian Edition]
    Dirilis oleh komunitas Nasrani, untuk para pemeluk agama Nasrani. UbuntuCE sudah dilengkapi dengan Bible dan aplikasi lainnya.
    Ubuntu CE
  • Ubuntu Satanic Edition
    Dari namanya sudah ketahuan 'kan? Bagi yang menyukai hal hal yang berbau seperti ini, apa salahnya memakai Ubuntu SE
    ubuntu Satanic Edition
  • Ubuntu Studio
    Bagi yang suka utak atik multimedia, varian Ubuntu yang satu ini mungkin bisa dijadikan pilihan. Sudah dilengkapi dengan Multimedia Editor Software yang tinggal pakai. So, kita tidak perlu khawatir lagi kebingungan mencari software pengganti ketika bermigrasi. Langsung kerja deh :)
    Ubuntu Studio
  • BlankOn
    Ingin mencoba Ubuntu rasa Ngayogyakarta? BlankOn pilihannya. Disajikan dalam Bahasa Indoneisa serta sudah dilengkapi plugin Multimedia sehingga pengguna bisa langsung menikmati file musiknya setelah instalasi. Cocok buat Ubuntu-newbie. :)
    blankon
  • Dewalinux
    Bagi newbie yang khawatir kebingungan dengan arsitektur Ubuntu tapi ingin mencobanya, sekarang sudah hadir Dewalinux yang disajikan menyerupai Mikocok Windos, sehingga dijamin pengoperasiannya tidak akan menyusahkan. Hanya saja ini hanya merupakan hasil dari remaster saja. Sama seperti Super Ubuntu. Bedanya, Dewalinux merupakan hasil remaster dari Ubuntu 8.04 Hardy Heron. Untuk versi yang eiffel, tampilannya disesuaikan dengan 'Vista looks'.
    Dewalinux vista
  • Gobuntu
    Distro ini masih dalam tahap pengembangan. Gobuntu dirilis untuk menciptakan Ubuntu yang berisi 'full open source software' dan atau yang menginginkan membuat aplikasi open source-nya sendiri berbasisi Ubuntu. Pemula tidak disarankan menggunakan varian jenis ini mengingat tingkat kesulitannya.
    GoBuntu
  • Ubuntu Mobile
    Nah kalau yang ini, ini merupakan Ubuntu untuk versi mobile.
    Ubuntu Mobile
  • dan masih banyak yang lain. Capai juga nulis sama mencari screenshotnya. Huehehehe...
Bagaimana? Sudah menentukan pilihan? Kalau bingung, cari saja yang biasa. :)

Update :
Pilihan thom, jatuh pada SuperUbuntu. Karena thom gini gini fakir internet dan juga males kalau dihadapkan dengan masalah 'Update' :D Selain karena aplikasinya yang sudah cukup lengkap, dukungan terhadap multimedia, update-an system yang tergolong baru, juga sudah laik pakai untuk dioprek selanjutny huehehehe.. Jadi gak perlu repot kalau hanya ingin sekedar mendengarkan lagu. Juga habis instal tinggal nambahin sopwer utama yang thom butuhkan. Langsung tancaap..

41 comments:

  1. Bingung juga pilih yang mana, semuanya mantabs deh... OK bro matur nuwun wacananya.. tetap semanagat n sukses selalu ya... :)

    ReplyDelete
  2. lha ini,aq baru aja pake kibuntu yang baru..masih rada-rada binggung sih.masih easz ubuntu nih kayaknya

    ReplyDelete
  3. halah nulis kubuntu ae keliru kibuntu...hihihihi..ralat-ralat....

    ReplyDelete
  4. klo sy belum pernah nyoba ubuntu :D

    ReplyDelete
  5. UbuntuME [Muslim Edition] saya suka...
    Linux Mint juga pernah nyoba, eh Linux mint ada variannya lagi loh; Cassandra sama apa itu yang satunya, lupa!

    ReplyDelete
  6. Wah... keren2 tampilannya!!! Saya cuma pernah coba yang biasa aja... N kalo ga salah itu yang 7. Tapi setelah itu saya uninstall lagi. Hehehehe... Habis bingung ngedit2nya...

    Sekarang koq pengen coba lagi ya??? Hehehehe...

    ReplyDelete
  7. menurut saya linux cuma cocok buat jaringan, server, hacking, dan sebangsanya deh. Kalau untuk pekerjaan umum masih lebih efisien menggunakan windows. CMIIW..

    ReplyDelete
  8. Ubuntu emang siipp :)

    @anonymous
    Hmm kayaknya ane kurang sejutu e. Baik dari pekerjaan umum, hacking, networking atau server dan blablabla, Linux sudah didesain untuk itu.
    Mungkin pengaruh oleh persepsi 'Linux itu sulit' kali yah? jadi buat pekerjaan umum atau simple Linux tu susah.

    Yaa kan kita rata-rata ngenal Mikocok Windos duluan daripada Linux, sehingga Linux tuh menjadi sesuatu yang asing. Sama kayak kalau kita belajar bahasa asing. Bahasa yang kita kuasai tampaknya lebih simple dari bahasa yang kita pelajari. :)

    Tapi, thanks dah mau komen..
    Jangan sungkan balik yah? :)

    ReplyDelete
  9. tetep pilih mikocok bro, tersedia dalam rasa wedows maupun pitsa..

    ReplyDelete
  10. pengen banget sbetulnya belajar linux... tapi belum kesampaian. Pengennya sih OS linux digabung dengan windows. Mas Kalo sekarang pake Windows, trus mau instal linux, pengaturan yang booting duluan gimana?

    ReplyDelete
  11. ow gitu ya,wah pengen belajar linux juga neh

    ReplyDelete
  12. @badmomo
    Kalau ubuntu tersedia dalamrasa apa aja.. :D
    Tinggal pilih wis. :p
    Rep piye kowe feb huehehehehe
    Gek ndang pindah nang Ubuntu yak??! hehehe

    @eric
    keinginan bang eric tak dukung 100%
    banayka juga kok dual boot kek gitu. jadi masih ada linuxnya juga. Ntar tinggal sediain aja free sapca buat linuxnya. Habis diinstal, linuxnya bakalan ngatur sendiri bootnya [default, linux duluan]. Ntar bisa juga kok diatur belakangan. Jadi yang Mikocok Windos jadi yang boot duluan gitu...

    @anto84
    Nah, tinggal milih antoo.. :)
    Tersedia dalam berbagai rasa deh ...

    ReplyDelete
  13. ralat @atas
    Tulisanku belepotan gitu yah???

    @eric
    keinginan bang eric tak dukung 100%
    banyak juga kok yang dual boot kek gitu. Jadi masih ada Windos-nya juga. Ntar tinggal sediain aja free space buat linuxnya. Habis diinstal, linuxnya bakalan ngatur sendiri bootnya [default, linux duluan]. Ntar bisa juga kok diatur belakangan. Jadi yang Mikocok Windos jadi yang boot duluan gitu...

    Ralat selesai. Diharapkan sudah tidak ada yang mengalami kebingungan. :)

    ReplyDelete
  14. Waduh2 om2,td saya smpt kekampus trs dkmps sayakan ada semacam organisasi linux namanya sulax..aku coba berdiskusi disana cz saya juga aktf dirobotika mw coba bljr linux,memang pertama sulit tp hal yg paling pntng,linux itu gratisan ya om?

    ReplyDelete
  15. thom :

    to @anto84
    Yap. Betul sekali. :)

    ReplyDelete
  16. ooooo nulis UNTUMU tho thom :D
    wakakaka... kaburrrrrrrrrrrrrrrr

    ReplyDelete
  17. bagus" yah walpaper nya, tapi saya masih gaptek pake ubuntu :(

    ReplyDelete
  18. duh dari dulu pingin banguet belajar kelamin ini, tapi sayangnya untuk dukungan program grafis masih kurang.. itu dulu sih

    ngga tahu perkembangan sekarang ini mah

    ReplyDelete
  19. tetep Ubuntu ME (muslim edition) dong !!

    ReplyDelete
  20. wiih, pake linux keren juga ya...
    hmmm...thom ni jago linux ya tolong bantu dunks
    ada masalah ni thom...
    ntar YM-an ya...

    ReplyDelete
  21. Ubuntu sama Mandirva itu pengoperasiannya mudah mana?

    ReplyDelete
  22. kalo boleh tau keuntungan pake ubuntu apa ja seh???

    ReplyDelete
  23. @else
    Eh kok kabuur?? Sini dun :D

    @akangjuned
    Iyah.. enaknya ubuntu bisa dikostumisasi kayak apa aja, dan ang paling penting gak makan memeori yang berlebihan. Belajar bareng bareng bang.. Thom juga baru belajar kok. :)

    @Tony
    Dibagian mananya Kang Ton?

    @Jaloe
    Wah sekarang dah lengkap bang..
    Mau yang apa? manipulasi foto? Vektor? Edit Edit huehehehe
    Sekarang dah komplit dah :D

    @3gitar
    Aku belum punya yang ME. :( Padahal rencana mau donlot, buat koleksi. Tapi Donlot time has been over :(
    Aku makenya yang super ubuntu, soalnya saya rasa thom banget :D

    @project
    Lha gimana? Dah solved blom? Ato solusi akhirnya install ulang?

    @ugiQ
    Dah tuh :))

    @Cyber Katrox
    Tergantung orangnya sih, tapi banyak yang bilang kalau Ubuntu lebih friendly buat newbie. makanya thom milih itu :)
    kalau Mandriva, lebih main ke grafisnya.. Tapi keren juga sih Mandriva. Tapi kompiku speknya kurang mendukung. Bisa sih jalan, tapi lemot paling :D

    @Fajar
    Hmm mungkin klo yang ini perlu dibikin postingan sendiri huehehehe
    kalau menurut paa suhu, kelebihan Ubuntu itu pada pemaketannya.

    ReplyDelete
  24. quote:
    "Iyah.. enaknya ubuntu bisa dikostumisasi kayak apa aja, dan ang paling penting gak makan memeori yang berlebihan."
    Ojo lali bro, koe tuku ram tambahan men kuat install ubuntu..

    ReplyDelete
  25. Tom, tolong ane dong, saya kirim di http://groups.google.com/group/id-ubuntu,

    tolong yah, plz,.... soalnya ane katro banget.

    Slm & thx

    ReplyDelete
  26. ehm...
    ubuntu ya...?

    saya mau tau dasar dasarnya dulu nih...
    thanks...

    ReplyDelete
  27. intinya kan sama aja. tetap ubuntu, debian based. jaminan kualitas tu !! pakai apa aja, asal linux based. it's oke

    ReplyDelete
  28. Lah klau main flash aq masih bingung penganti macromedia flash apa ya?

    ReplyDelete
  29. @arikaka.com
    Ari cuba dulu aja LiveCDnya klo, tertarik, baru deh diinstal.:)
    Ubuntu cukup user-prenli kok. Dasarnya yang paling penting tiu niat :D

    @afiszone
    bener tuh...
    Setuju bgt thom mah ... :)

    @iwan
    make F4L aja.
    F4L itu kependekan dari Flash for Linux.
    Bisa didonlot dari sini :
    http://f4l.sourceforge.net/ Semog membantu..

    ReplyDelete
  30. Tapi banyak yang nggak familiar dengan ubuntu yah? Mungkin karena kita sering ketergantungan sama Microsoft windows jadi malas belajar OS lagi. Seandainya Indonesia dulu memberikan pelajaran komputer yang pertama dengan OS Linux, wah pasti dah sudah nggak ada yang make Windows.

    ReplyDelete
  31. wah mantap mas inponya.......jadi tahu ubuntu punya byk adek...

    ReplyDelete
  32. aku udah pernah pake ubuntu, tapi karena spek komputer ku jelek jadi terasa lambat banget. doakan aku ya biar bisa beli laptop dan ganti pake linux, soalnya udah banyak dosanya nih pake bajakan terus. hwhw

    ReplyDelete
  33. tipsnya masih selalu unik sobat kita ini :D

    ReplyDelete
  34. tipsnya masih selalu unik sobat kita ini :D

    ReplyDelete
  35. Wah..wah.. di kantor saya juga ada tuh, sebel juga setiap ngidupin ada embel2x, thanks.. langsung cabut!

    ReplyDelete
  36. aku pernah pakai kubuntu, tapi kayaknya "ubuntu me" oke juga klo dicoba, googling ah

    ReplyDelete
  37. Mantabz..bingung jg nie..keren2 semua..:D

    ReplyDelete
  38. Blog yang bagus gan..
    tambahan saja gan, kalau mau tahu variant ubuntu yang lain dan lebih detil, suilakan kunjungi saja mbak wiki disini: http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Linux_distributions

    Sekarang masih pakai dual OS, pakai Ubuntu SE, hee..
    Satanic Edition.. Graphic-nya F**kin Awesome Gan!!
    Kedepan mau coba yang ME..
    Besok mau download dulu si Lucid lynx...:)
    salam kenal...

    khoirul.fauzi

    ReplyDelete

Sangat dianjurkan berkomentar, tapi jangan nyepamm . OK?!