Pages

Suka Duka Layanan Gratisan

Heran yah dengan judulnya? Huehehehe.. Ini tidak ada sangkut pautnya dengan bertenggernya thom sharing di fasilitas gratisnya blogger. Bukan pula tentang masalah domainnya yang ada embel embelnya 'blogspot.com'. Meski ada benarnya juga judul postingan di atas dengan kondisi itu :D

Ini semua berhubungan dengan gambar gambar cantik penyusun blog ini. Pertimbangan thom dulu, asal yang penting ada tempat hosting buat menampung file-file gambar thom. Okelah, dengan demikian paling tidak thom bisa lebih hemat dalam perhostingan. Tapi ternyata harapan itu tidak sesuai dengan kenyataan yang diberikan huehehehe..

Beberapa image-hosting sudah pernah thom gunakan, diantaranya :
  • Imageshack
    Situs ini tadinya yang thom jadikan andalan. Hanya saja ketika mengetahui kalau di tempat thom edit mengedit blog, akses ke situs ini di-banned. Ostomastis, thom hanya bisa menjumpai beberapa bagian yang space-nya kosong dan digantikan tulisan pengganti. Hal ini sangat mengganggu aktifitas blogging thom dalam hal preview blog dan sebagainya. Lagipula bandwith yang disediakan terbatas sekali.
  • Photobucket
    Dari Imageshack, thom pindah rumah ke photobucket. Eh, ternyata aksesnya terbatas. Kasusnya sama seperti yang imageshack. Aneh dan heran. Mengapa admin jaringannya memblok dua situs file hosting yang lumayan yahut itu.
  • Fileden
    Ini menurut thom yang paling bagus selain dua pilihan thom di atas. Bandwith yang diberikan pun cukup besar. Namun lagi lagi harus menelan kerepotan dengan image hosting ini. Bukan karena filenya dibatasi. Tapi, jika satu bulan tidak ada aksi login [aktifitas, baik itu login, upload, download] maka akan ada peringatan bahwa akun yang sudah dibuat [dipake] akan dihapus dengan segala isinya. Padahal sudahh berapa banyak file yang thom percayakan di situ. Kalau pindah? Tidak bisa thom bayangkan waktu dan energi khusus yang harus disiapkan -_-"
  • Image-hosting yang lain
    Thom sudah mencoba beberapa situs [lagi lagi] penyedia image-hosting. Tapi yang menurut thom yang bagus dan user friendly, ya hanya beberapa itu.
Yah, lagi lagi thom hanya bisa menyadari jika mereka gratisan. Yang tidak thom habis pikir, mengapa yang imageshacke dan photobucket diblock? Masih menyisakan a big questioon in my head.

Yang dipakai saat ini
Untuk semantara, masih tetap mempertahankan yang berada di fileden. Terlalu banyak file gambar yang sudah thom percayakan disana. Bisa sih pindah, hanya saja akan memakan waktu, yang kalau dipikir-pikir tidak perlu. Masih bisa kita pergunakan untuk kegiatan lain yang lebih bermanfaat. Hanya saja sudah tidak lagi menambah file di sana. Sekarang berpindah haluan ke Google Pages, untungnya sudah sempat daftar untuk layanan ini dulu, msoalnya saat inii ditutup untuk alasan perbaikan. Selain sama sama di Google, dia juga support upload file *.js. Jika di tempat lain pasti ditolak tuh file dengan ekstensi *.js. Tapi, lagi lagi dasar layanan gratisan. Waktu load-page blog ini agak panjang jadinya. Istilahnya lama. Berarti bandwith yang disediakan kurang besar. Tapi tidak apa-apalah. Saat ini disanalah yang menurut thom paling good. :)

Blogger
Mungkin ada yang berpikir mengapa tidak memakai image hosting yang disediakan blogger. Satu-satunya alasan adalah, mengurangi beban load page. Supaya lebih cepat. Lagi pula thom tidak bisa bagaimana me-manage-nya. :D

Kesimpulan
Yang berbayar memang lebih baik dan lebih mahal. -_-"
Si thom ini,,, maunya gratis tapi berkualitas.. :D

10 comments:

  1. yeah pertamax!!!
    saia terharu sekali akhirnya bisa pertamax.. makasih buat temen2 yang udah mendukung..

    infonya mantaff bro, kapan2 cari yang lokal siapa tau bagus.

    ^_^

    ReplyDelete
  2. Hehehe... saya juga suka yang gratisan... :D

    ReplyDelete
  3. wew... tanya mas Indra, dia tau banyak kek ginian... wkwkkwkwk....

    ReplyDelete
  4. hidup gratisan, semenjak pindah jurusan ke ekonomi..mikir gratisan mulu ni saya

    ReplyDelete
  5. memang imageshack bisa ngebanned juga ya om? waduh harus cepet2 cari rumah baru nih....



    nb:salam dari blog indonesia :)

    ReplyDelete
  6. @si monzter
    Kekeke kan takish bocoran huehehehe...
    Yang penting senang dah...

    @nur kholiq
    Gak pahamnya dimananya bro? Mungkin bisa tak perjelas lagih :D

    @Hangga
    Sipp.. Budayakan gratisan. kekeke

    @Alam
    Wek,, boleh juga tuh dicuba :D

    @Yadi_Dhani
    huehehehe.. saya gak perlu pindah ke jurusan ekonomi segala. Dah mental mental gratisan alias gratisan minded :D

    @vanudin
    Gak segitunya Vanudin,
    Hanya saja, bandwithnya kan ya dibatasi
    Juga kalau di sini, semua yang ada hubungannya dengan imagesack atau photobucket diblokir. Jadi gak bisa masuk atau ditolak. Sehinggga gak bsa dibuka. Begitu.. :)

    ReplyDelete
  7. @vanudin
    Wek.. ternyata vanudin orang Batam ta? tak kirain orang bule kekekeke...

    Salam juga bro!
    Go Blogging pokoke :)

    ReplyDelete
  8. karena ekonomi yang memaksa, sebenernya kalau punya uang sih pengen yang mahal sekalian... :P

    ReplyDelete
  9. namanya juga gratisan om.
    pasti terbatas..

    ReplyDelete

Sangat dianjurkan berkomentar, tapi jangan nyepamm . OK?!