Pages

Promosi blog

Promosi blog?? Siapa sih yang tidak mau blognya dikenal banyak orang, high traffic --sering dikunjungi orang (bukan cuma kita sebagai pengelola)??? Memang membangun sebuah web lebih mudah daripada memeliharanya. Itulah pentingnya kita mempromosikan blog/web. Promosi blog tidak cukup hanya dengan hanya mulut ke mulut. Bisa-bisa sampai dower, traffic tidak kunjung datang. Hehehehe

Promosi blog yang paling efektif yang saya dapat dari blogwalking ada banyak sekali. Tidak cukup dengan satu jurus. Pernah membayangkan Google sampai menjadi besar seperti sekarang?? atau contohlah saja ilmukomputer.com. Bagaimana ilmukomputer.com bisa menjadi dikenal publik, bagaimana web tersebut bisa dijadikan referensi bagi banyak situs dan person... Semua itu karena promosi blog (--disamping karena hal lain juga sih ^_^).


Kita mulai saja yoo.

Promosi via SE (Search Engine)
Cara yang paling praktis adalah dengan menggunakan auto web submit. Ada banyak layanan gratis yang menyediakan layanan untuk pendaftaran, anda bisa mencarinya sendiri di search engine atau tanyakan ke om Google :)
untuk memudahkan dalam mendaftar ke Search engine, saya sarankan anda menggunakan layanan mypagerank
Layanan lain yang dikhususkan dalam pencarian blog diantaranya adalah Google blog search dan blogdigger. Kedua layanan ini merupakan pencarian blog yang paling banyak digunakan saat ini. hampir semua penyedia layanan blog mempunyai fasilitas pencarian dengan cara mengindex link pada database mereka sendiri, selain itu kita juga lebih diuntungkan apabila penyedia layanan blog tersebut mempunyai fasilitas ping karena hal ini akan memudahkan kita dalam mempromosikan blog yang telah dibuat.(dari o Om).

Selain dari cara diatas, o-om juga menyarankan untuk mencoba mypagerank. Mypagerank adalah web auto submit. Jadi dia mendaftarkan web/blog kita ke situs-situs besar secara otomatis. Tapi tidak ada jaminan bahwa situs/blog kita akan cepat diindex/ terdaftar. Everything needs proccess! Remember that! **inga' inga :D**

Banyak-banyak berkomentar
  • Beri komentar pada blog yang dikunjungi, cara ini terbukti ampuh dalam mempromosikan blog. Jangan menunggu blog kita dikomentari. Berkomentarlah kepada setiap blog yang dikunjungi.
  • Ingat : Beri komentar yang positif.
  • Ingat juga : tinggalkan pesan di shoubox atau buku tamu atau juga tagboard.
  • Kalau perlu berikan pujian secukupnya. Tapi jangan berlebihan.
  • Ini yang perlu diperhatikan : Jangan nyepamm. Contoh : "Kunjungi blog saya..", "Numpang lewat.. " dan yang sejenisnya. Sebagian besar pemilik blog merasa risih dengan pesan-pesan seperti itu.
Memanfaatkan forum-milis dan email
  • Optimalkan penggunaan signature di forum. Signature ini akan muncul setiap kita posting atau me-reply postingan orang lain. Semakin sering kita melakukan aktivitas posting mem-posting (hehehe) intensitas alamat blog kita nongol semakin banyak.
  • Gabung dengan forum yang membahas topik yang sejenis dengan topik blog kita dan jalin hubungan cinta 'kerja' antar sesama blogger. Istilah ekonominya, cari pasaranlah..
  • Rajin-rajin posting atau mereply postingan
  • Optimalkan juga penggunaan signature pada email. Beri alamat blog kita, sehingga ketika kita berkirim email (milis), secara tidaklangsung kita turut mempromosikan blog
Bertukar link (Link/ Banner Exchange)
Bertukar link merupakan salah satu hal yang cukup berpengaruh dalam mempromosikan blog. Tapi bertukar link atau banner juga ada tipsnya.
Berikut tips yang diberikan oleh si Om :
Untuk blogger baru:
  • Cari blog yang sudah terkenal yang mempunyai ranking terbaik, selain meninggalkan jejak hal ini akan membuat blog anda terindex oleh search engine.(istilahnya nebeng beken!)
  • Saling bertukar link antar new blogger tidak hanya membuat blog anda dikenal, akan tetapi sebagai media pengingat alamat blog yang pernah dikunjungi
  • Jangan pernah punya perasaaan buruk, dendam, kesal, merasa terhina jika tidak di link balik, berpikir lah positif mungkin saja saat ini ia lagi sibuk atau lupa.
  • Berikan komentar dengan cara bijak dan lebih halus namun menjanjikan, sebagai contoh:”artikel diblog ini sangat bermutu dan bermanfaat bagi saya, saya akan menyimpan link blog ini pada halaman favorit, dan saya pasti akan berkunjung kesini lagi” cara ini cukup jitu dan membuat pemilik blog merasa dihargai serta saya jamin blog yang dikunjungi akan melakukan hal yang sama.

Untuk blogger lama:
  • Bagi para blogger yang sudah dapat nama (terkenal) berbagilah link dengan blogger baru, kenapa? Karena tanpa dukungan mereka blog anda tidak akan berarti apa-apa.
  • Memang bertukan link dengan blogger baru tidak akan menguntungkan apa-apa dari segi web page ranking dan malah menguntungkan blogger baru, tetapi ingat dalam hal lain blog anda akan terus dikunjungi dan diingat oleh para blogger baru, alasannya cukup simple karna mereka merasa sangat dihargai dan diperhatikan serta memberikan kesan positif
  • Jangan merasa kesal dengan ulah blogger baru, maklumi saja mereka masih pemula (termasuk saya sendiri) munkin perlu waktu untuk belajar lebih banyak, coba anda renungkan kembali bagai mana cara anda ketika baru belajar mempromosikan blog, saya rasa mungkin sama.



Hmm ... dicatet yaa tips dari si om ini. Tapi jangan lupa dipraktekkan.

Promosi di 'alam nyata'
Sudah optimalkah promosi blog kita di 'alam nyata'??? Selain dari mulut ke mulut, bisa juga kok lewat media massa (koran, majalah, selebaran, poster, pamflet atau juga sticker), media elektronik seperti TV, Radio, papan reklame digital, SMS atau yang lain. Pokoknya semua media dipakailah supaya optimal.

Pakai jasa pihak ketiga
Dengan memakai pihak ketiga, blog bisa menjadi lebih dikenal tidak hanya nasional saja akan tetapi juga dalam taraf internasional. Salah satu 'pihak ketiga' yang dimaksud adalah situs jejaring sosial, semacam Friendster. Akan tetapi supaya mendapatkan hasil yang lebih maksimal, tidak ada salahnya mengikuti 'promoter web' seperti :

Jangan lupakan etika dalam mengenalkan blog kita.

  • Jangan sekali-kali nyepamm. Spamming dalam hal ini adalah mempromosikan blog tidak sesuai dengan waktu dan tempat juga seenaknya sendiri. Bangun citra positif blog/web yang dipromosikan.
  • Penggunaan bahasa menjadi sangat penting ketika blog kita sudah mulai dikenal. Jika mampu, gunakan juga Bahasa Inggris karena tidak menutup kemungkinan blog kita akan dibaca oleh orang 'bule' atau orang luar yang tidak mengerti bahasa Indonesia. Gaya bahasa juga mempengaruhi lho...

Update :
Khusus postingan ini, kalau mau promosi blog kalian juga boleh, saya persilahkan :)

Perhatian :
Selain di postingan ini, akan thom hapus. :D

226 comments:

  1. Ada notelp apa gak bos... aku mau banyak tanya tentang ilmunya blog.. agar blog gue bisa mudah dan cepet masuk search engine... karena gue belajar sendiri gak punya guru. SMS gue ya di 081805086394

    ReplyDelete
  2. matur thanks sharing ilmunya .... mampir ke blog saya ya ... http://digitalbaca.blogspot.com
    Salam kenal ...

    ReplyDelete
  3. sip...sip... tenks yo tas sarannya...

    ReplyDelete
  4. punya kertas di rumah.? siapa yang enga punya.?
    ambil kertasnya kita bikin Orygami bareng-bareng
    enga tangung-tangung di sini kita bikin NAGA.!

    http://walah-walahhh.blogspot.com/2008/12/fideo-tutorial-origami.html

    ReplyDelete
  5. wah keren tu tipsnya. Kunjungi juga disini ya

    http://easyinternet-marketing.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. SALAM KENAL www.kerja-partime.co.nr

    ReplyDelete
  7. wah thanks bgt atas ilmunya, soalnya saya lagi coba promosi via blog, btw kunjungi blog saya ya...
    http://malika-hijab.blogspot.com/

    ReplyDelete
  8. weh mantep pisan tuh tipsnya.... numpang baca ya...

    ReplyDelete
  9. thx yah buat infonya.sangat membantu
    nih blog saya

    http://www.gklik.blogspot.com/

    ReplyDelete
  10. salam kenal semuanya
    mampir juga ke blog saya ya...
    http//:world-in-mydrems.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. Salam kenal Friend, wah kenal sm mas Indra Meissa jug ya?
    btw main ke blog saya juga ya

    ReplyDelete
  12. Trims atas tipsnya, kunjungi juga blog saya
    http://interdestacom.blogspot.com - MAKE BIG MONEY WITH SMALL INVESTMENT

    ReplyDelete
  13. saya masih kurang mengerti mengenai tukar link,tolong di jelaskan secara lebih detail dong ?

    terima kasih

    ReplyDelete
  14. wah keren tulisannya,
    oh ya selain di atas ada media promosi blog yang gratisan dan tak usah daftar dulu.
    coba aja di http://blogpromo.co.cc/

    ReplyDelete
  15. mas boleh tukeran link nya ya .titip link nya ya : http://itdot-tutorial.blogspot.com.mas mau nanya gimana sih biar blog saya ada pengunjung nya.tolong donk mampir ke blog saya

    ReplyDelete
  16. MAS MOHON BANTUAN ATAS SEPINYA BLOG SAYA
    BLOG SAY MEMANG SEPI SEKALI

    ReplyDelete
  17. MAS MOHON BANTUAN ATAS SEPINYA BLOG SAYA
    BLOG SAY MEMANG SEPI SEKALI

    ReplyDelete
  18. thanks all for the comments...
    Sorry baru bisa nongol sekarang, thom sering sok sibuk siih huehehehe

    @jefrey
    tukar link, itu mudahnya memasang link blogger lain diblog kita, begitupun dengan blogger lain tersebut. Jadi, ada koneksi antar blog. :)

    @ITDOT
    Sorry ITDOT, baru bisa respon sekarang.
    OK deh link akan segera dipasang. Satu yang pailng ampuh.. blogwalking. Cari teman dulu, yah?!

    Semangat all...

    ReplyDelete
  19. mantep nih...yaaaa....!!!!! artikelnya...!!!!

    from: usaha di internet

    ReplyDelete
  20. Kami dari sentrasolusi bergerak dalam bidang maintenance computer, cctv, lan, system call center, dll

    ReplyDelete
  21. wah...bagus tipsnya, mampir ya ke blog aku yang masih baru. makasih

    ReplyDelete
  22. artikelnya bagus bos. aku mau langsung praktek nih

    ReplyDelete
  23. Thanks ya tipsnya
    Aku orang baru nich,
    jadi kudu nyari2 tips buat blogku

    Salam kenal

    ReplyDelete
  24. great tips. thanks. please visit :

    http://www.leadership-skill.co.cc/

    ReplyDelete
  25. Wah makasih tipsnya ya,sekalian kalau begitu saya numpang promosi di sini...main2 ya ke blog ku...

    ReplyDelete
  26. Hari ini gini....!!! masih ada orang kayak si ntom...teruskan....!

    ReplyDelete
  27. Untuk semua salam kenal dan saya ingin belajar SEO dimana tempatnya?
    termakasih bila memberi saran

    By Adi

    ReplyDelete
  28. wow blognya keren abiez..kunjungi blog saya juga ya

    ReplyDelete
  29. nice artikel, tapi kayanya udah pernah baca nih, di mana yah? Bodo ah, salam kenal bro..

    ReplyDelete
  30. commat kenal admin,blognya bagus dan menarik semangat para blogger,untuk kemajuan besama.tp alexsa saya masih page Rankings 2

    ReplyDelete
  31. mat kenal moga makin sukses bkognya.

    ReplyDelete
  32. wah tipsnya bagus.. blognya juga keren..
    jangan lupa mampir ke http://rugz33.wordpress.com/
    hehehe..

    ReplyDelete
  33. Tip yg OK. Emang sih... ngga ada blog yg bisa melejit di search engine dengan cara spam. Yang ada cuman ngeselin yg punya blog... trus dihapus commentnya...^_^'

    ReplyDelete
  34. Good tips!! Thanks yach.....

    Blog-ku masih "bayi" nie. Maka dari itu, bagi yang punya waktu luang, bisa berkunjung ke http://ide17.blogspot.com

    ReplyDelete
  35. Ehhh dukung gw dong di acara ini ampe akhir mei 2009 batasnya
    please http://tropicalcium.com/?view/441
    aq Reja temen2 salam kenal yahhhh

    ReplyDelete
  36. Weleh-weleh, lengkap bener tips-nya.
    MenjaringPengunjungBlog
    www.Menjaring-Pengunjung-Blog.blogspot.com
    Naruh link diatas nyepam nggak ya? :-}

    ReplyDelete
  37. seneng dech kalo ada blogger yang punya attitude keren gini.

    http://ecommerces.co.cc

    ReplyDelete
  38. sip keren nih penjelasanya.....

    tak coba deh....

    hehehe....

    makasih atas infonya.......

    ReplyDelete
  39. masih bingun dengan istilah nyepam nih ?? mohon kejelasannya ??

    ReplyDelete
  40. wah kern ni blognya...salam kenal



    http://taramitraherbal.blogspot.com/

    ReplyDelete
  41. wah kiatnya bener juga nih!pantaslah ditiru.
    :-)

    prabzt.blogspot.com

    ReplyDelete
  42. MAS MOHON BANTUAN ATAS SEPINYA BLOG SAYA
    BLOG SAY MEMANG SEPI SEKALI

    ReplyDelete
  43. Wah mantabs nieh tips-tipsnya, Iya nieh aku masih baru banget dalam dunia ya blog ngeblog...........

    mohon bimbingannya

    ReplyDelete
  44. rapidsharenya murah nich dan original gak cp klo dihack uang kembali 100 % gak usah ragu2 silahkan pesan ke alamat ym cyber_8586 dengan rincian biaya dibawah ini :
    1 bulan Rp. 150.000
    3 bulan Rp. 340.000
    6 bulan Rp 580.000
    1 tahun Rp. 980.000
    dtguin nich buruannnnnnnnnnnnnnn
    yachhhhhhhhhhhhhhhh
    jangan lupa kunjungi http://jualrapid.blogspot.com/

    ReplyDelete
  45. panduan yang menarik. saya akan cuba cara yang disarankan .terima kasih dari teknik potensi minda percuma/gratis. http://mindataqwa.blogspot.com

    ReplyDelete
  46. Trims Buat infonya..

    http://siheyu.net

    ReplyDelete
  47. saya udah coba semua tapi ga' pada berhasil om, boleh dong kita di kasih saran.....ikuta prosi dunk www.gobanggocir.co.cc

    ReplyDelete
  48. begini nasib jadi anak tk di internet, tukeran link mau g? tp nge link aja w kagat tau kachian d gw :(

    ReplyDelete
  49. udah om, ne udah ta kasi komentar-nya n klo om sempet, komen balik donk ke http:time24get.blogspot.com

    ReplyDelete
  50. bagus'' om tipsny
    blog --> http://whitefrost-buttersky.blogspot.com/

    ReplyDelete
  51. wah bagus jg nih blog....
    blog gw kagak laku neh mw cb cara anda...
    hehehe....




    http://andreas-bisnismurah.blogspot.com/

    ReplyDelete
  52. Okay, thanks masukannya baguuuuuuuus broor

    ReplyDelete
  53. lam kenal mas
    makasih tipsnya sangat memberi dukungan semangat saya yang hampir kehabisan nafas karna putus asa

    thaks a lot
    bagusluqman.blogspot.com

    ReplyDelete
  54. Sebenernya aku pengin pinter ngeblog, tapi aku gak ngerti apa-apa. Aku ngeblog asal posting aja.
    Tapi jd pengin juga blogku gak hanya di baca malaikat.

    ReplyDelete
  55. wah trim's ats infonya n langsng dipraktekkan

    machfud14.blogspot.com

    ReplyDelete
  56. Wah, mantap boz... sangat berguna buat saya yang masih newbie ini dalam dunia blogging.. Thanks buat tipsnya...

    Kalo sempat, mohon kunjungi blog saya boz
    http://segenggam-daun.blogspot.com

    ReplyDelete
  57. thank's untuk informasinya...........

    bisa tukeran link ?

    ReplyDelete
  58. good info mas..sangat membantu banget
    bagi yg ingin shopping online for korean fashion km bs kunjungi http://tyryzmode.blogspot.com/

    ReplyDelete
  59. good idea,, tapi mas mana link exchange nya nih,, koq gak ada,, kalo gtu nitp link ya,,, http://cyberholic18.blogspot.com

    mas klik aja kalo mo back lnk di blog ane otomatis koq

    ReplyDelete
  60. tangkyumas tom. mohon izin to copy

    ReplyDelete
  61. Makasih ya info nya...saya lagi belajar nih mas

    ReplyDelete
  62. Thx mas thom infonya, mampir2 yaa

    http://gamersplaystation.blogspot.com

    ReplyDelete
  63. Nitip blog yaa..

    http://bisnis4newbie.blogspot.com

    ReplyDelete
  64. saya lagi nyari cara promosi blog nih. makasih.. perlu diterapin

    ReplyDelete
  65. thnk's bnget mas info na....
    mampir di blogQ ych...

    http://wansbook.blogspot.com/

    d'tunggu ych mas..mklum lah msih newbie..

    ReplyDelete
  66. salam kenal sebelumnya.., saya baru saja belajar buat blog "all motivation", dan saat ini sedang belajar untuk promosi biar banyak pengunjungnya.. tipsnya akan coba di praktekan... terima kasih om...

    ReplyDelete
  67. makasih artikelnya ya....

    http://keluargarahmadi.blogspot.com

    ReplyDelete
  68. thx infonya.
    keep bloging.

    tuker link yug http://words-to-words.blogspot.com

    ReplyDelete
  69. Tips yang menarik bro... wah seperti ini yang seharusnya saya lakukan di blog yang baru saya bangun ini.

    Terima kasih. Dan salam kenal :)

    ReplyDelete
  70. Makasih infonya...



    http://bisnisawam.blogspot.com

    ReplyDelete
  71. terima kasih bos. Info yang hebat sekali.

    ReplyDelete
  72. woyy... aq bru buat blog neh.... http://ahmaddiskey.blogspot.com/ tuk download software gratis, smua full licensi loh!!!

    ReplyDelete
  73. Informasi yang sangat bermanfaat..saya sangat terbantu dgn saran kawan..mksh ya sy akan sering2 berkunjung kesini..

    ReplyDelete
  74. Wah,udah lama saya keliling dunia,dan akhirnya saya terdampar di blog papan atas.Tanks bget om,atas wejangnnya.Maju terus om..!

    ReplyDelete
  75. Thx boss sangat membantu sekali, bahasanya yang mudah dimengerti sama kita yg newbe

    ReplyDelete
  76. Mohon saran dan kritikan di www.uvebana.com ... makasih atas smua infonya ..

    ReplyDelete
  77. wah, berhubung lokasi nya pass ikut submite juga blog ana ahh,.
    jangan malas berkunjung ya :)

    ReplyDelete
  78. saya ingin memperkenalkan blog saya di
    http://mdrushdan.wordpress.com
    sila layari ye.TQ :-)

    daripada
    mohd rushdan bin sabree

    ReplyDelete
  79. saya ingin memperkenalkan blog saya http://duniahakam.blogspot.com/ ingat komen dan jadi follower kasian saya mas blog sepi banget sedih rasanya mau ngepost juga gak ada gunanya tapi saya terus berusaha sampe ke forum2 sampe bikin junk ingat ke blog saya di http://duniahakam.blogspot.com/ komen dan jadi follower sekarang!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  80. aku pake blogwalking doank, alhamdulillah lumayan naikin trafic...

    ReplyDelete
  81. boz... ukey juga tuch sarannya, langsung di praktekkan yach......??? thank be 4
    http://www.deri-bengkel.blogspot.com/

    ReplyDelete
  82. wah bagus gan postingannya...
    wa mau praktek..
    he..he..he..
    thanks

    http://sesuatuyangmemberkatisaudara.blogspot.com/

    ReplyDelete
  83. tipsnya bagus mas, pencerahan bagi pemula seperti saya ini.

    ReplyDelete
  84. mas blog gw uda terindex sejak lama cuma pagerank dari 3 lansung jd N?A ampe skrg...kok gtu ya?
    gmn balikinnya lg?
    pengunjungku semua dari blogwalking nih...
    kagak ada dr search engine padahal uda terindex...hiks

    ReplyDelete
  85. mas kalo tips tukeran banner sptnya uda mulai ditinggalin d?
    krn akan membuat blog/web kita jd berat loadingnya
    itu mnrt saya yah sbg pemula

    ReplyDelete
  86. trimakasih ilmu nya, berhubung saya mulai ngeblog lgi setelah lama 'mati'.

    tukeran link ya mas...]
    http://manusiakendi.wordpress.com/

    ReplyDelete
  87. silakan mampir ke http://www.dollardipaypal.blogspot.com/

    ReplyDelete
  88. Bagus !
    Terima kasih atas informasinya.
    Semoga informasinya dapat bermanfaat bagi saya dan blogger yang membutuhkan lainnya.


    Inspirasi Kecilku

    ReplyDelete
  89. siiippppp . . .

    http://freshnfriendly.blogspot.com/

    ReplyDelete
  90. blog aku juga udah dofollow mas
    jadi yg pasang iklan diblogku mudah2an dapat link back
    hehehe

    ReplyDelete
  91. cara mempromosikan blog paling gampang apa ya ?

    ReplyDelete
  92. Saya juga sering gunakan SEO karena lebih tertarget. Salam
    Cara Promosi

    ReplyDelete
  93. thanks atas tip-tipnya.
    http://www.agribisnis.blogspot.com

    ReplyDelete
  94. promosi merupakan hal yg vital, tanpa promosi.. semua bisa gagal.

    ReplyDelete
  95. memang susah promosi blog, tapi jika konten bagus dan seo friendly tanpa promosi juga dpt traffic dr search engine. silahkan mampir saya kasih tau tipsnya...

    ReplyDelete
  96. hijauduniamiliku.blogspot.com
    Kiat SUKSES mengubah diri kita untuk menjadi lebih hijau....
    SAATNYA KITA BERUBAH

    ReplyDelete
  97. bagus infonya neh...

    ReplyDelete
  98. Nice info..

    Untuk temen2 yang pengen modifikasi blog disini tempatnya...

    ReplyDelete
  99. aduh,,ruwet sekali bikin blog ya
    help me please !!!

    ReplyDelete
  100. silahkan dtng2 aj d blog ane
    http://rynskyinfo.blogspot.com/

    ReplyDelete
  101. thank

    http://ewarta.blogspot.com/

    ReplyDelete
  102. wah mantab, thank's banget bos postingannya.... saya praktekin dulu dah... coba daftar satu2 di pagerank dll nya...

    moga2 bisa. amiiiiiinnnnn

    ReplyDelete
  103. bagus sekali tips cara berpromosinya, boleh di coba nieh

    ReplyDelete
  104. @all : Terima kasih semua untuk commentnya.. Saya coba untuk blogwalking satu satu dah :)

    ReplyDelete
  105. trim sobat tipsnya sangat bermanfaat, ada yg ganjal nih apa komentar yg termasuk spam??? bantu pencerahanya trim pemula spt sy takut komen krn blm tahu mana/spam bukan? ini blog sy http://cari-duit-dinternet.blogspot

    ReplyDelete
  106. kunjungin blog ane yah..
    http://blackberry-accessories99.blogspot.com/

    ReplyDelete
  107. Blog yang sangat penarik...Terus perbanyak tulisannya demi kemajuan...Sukses selali..http://dolarbaptista.blogspot.com

    ReplyDelete
  108. Tutorialnya sangat bermanfaat.apalagi buat kita yang lagi pingin produknya di kenal via blog
    salam sukses dr http://www.semestatronik.co.cc

    ReplyDelete
  109. Artikel yg bagus buat saya yg baru belajar nge-blog.. Thanks, mudah2an setelah dipraktekan blog saya tidak seperti kuburan. He he he

    ReplyDelete
  110. Thx buat infonya ya. From : http://www.peta-bisnis.blogspot.com

    ReplyDelete
  111. sipppppppppp infonya.
    DARI : mosessdesign.blogspot.com
    Masukkannya ya ..............

    ReplyDelete
  112. sippp boss...singgah di blogku ya...http://donnyit.blogspot.com

    ReplyDelete
  113. mampir y
    http://ridhozulandra.blogspot.com

    ReplyDelete
  114. salam kenal,membuat blog memang gampang ,tapi menjadikannya terkenal dan dicintai perlu kerja keras...mantap ilmunya.terimakasih

    ReplyDelete
  115. Waahh mksie yaa atas info'a...


    Oiia mampit yaa:
    http://minoz-indo.blogspot.com

    ReplyDelete
  116. wah.. bagus juga infonya, terutama buat blogku yang masih bau kencur.. mohon pencerahannya buat blogku bos... mohon ijin tuker link ya bos?

    ReplyDelete
  117. Infonya menarik mas, sukses ya...
    oya, jangan lupa mampir juga donk di blog saya karena saya masih pemula.

    ReplyDelete
  118. Tips nya keren dan sangat membantu om sya masih baru di blogger mampir di blog saya ya om di http://syahputrawibowo.blogspot.com trim's

    ReplyDelete
  119. maen" dunk ke blog saya
    http://butuhbelajar.blogspot.com

    ReplyDelete
  120. thanks atas infonya...

    http://az-pictures.blogspot.com/
    all about free wallpaper collections to download..

    ReplyDelete
  121. percuma sekotak kopi buat anda sambil boleh jana pendapatan.. antara khasiat2nya : Mencegah dan membantu proses penyembuhan pelbagai penyakit seperti :- * Tekanan Darah Tinggi* Meningkat kekuatan bagi penderita Diabetes* Menghindarkan pertumbuhan sel kanser * Merawat Lenguh sendi, Buah Pinggang & ...Jantung * Menghindar ...Penyakit Kulit...* ...Mengatasai Pengantungan Ubat * Mencegah penyakit hati,Alergi, Rheumatik, Insomnia * Meningkat stamina dan ketahananterhadap selsema.. Pendaftaran:-http://www.mahkota2u.com/?id=asiahmahkota nak tau lebih detail jomsinggah kat blog saya http://asiahbisnesonline.blogspot.com/

    ReplyDelete
  122. thanks buat infonya....
    sipp dah...
    liburan...?? 2012 ??

    elangnaga.blogspot.com

    ReplyDelete
  123. upzz, bagus pisan triknya. terimakasih...
    salam,,, fredy - ALAT PERAGA TK / PAUD
    www.frenyape.blogspot.com

    ReplyDelete
  124. ijin nyimak
    kunjungi blok saia tulisidemu.blogspot.com

    ReplyDelete
  125. makasih triknya mas semoga saya lulus dalam prakteknya

    ReplyDelete
  126. gue mo promo blog gue nie .....

    baguslive.blogspot.com

    segera kunjungi ...

    ReplyDelete
  127. matur nuhun atas infonya
    monon moderasi
    http://iam.2yoemt.co.cc

    ReplyDelete
  128. waduhhh...komentarnya banyak bener ya...hehee thank ya oom udah sharing ilmu yang bermanfaat banget buat pemula macam saya...

    ReplyDelete
  129. thank's ya pak. bagus banget nih infonya. soalnya aku masih baru.. n mash bingung.
    kiranibog.blogspot.com

    ReplyDelete
  130. Artikel nya bagus banget.. membantu sekali... terima kasih...http://mulianiinside.blogspot.com/

    ReplyDelete
  131. makasih ya om atas infonya... kebetulan via juga lagi cari cari info untuk promosiin blog via. sekali lagi makasih ya om ??? (Gak terlalu berlebihan kan pujiannya :p ??)

    ReplyDelete
  132. Coba saya terapkan satu dulu, yaitu menulis komentar di blog yg menurut saya adalah luar biasa...!! matur suwun mas...

    ReplyDelete
  133. Terima kasih info sangat bagus sekali,,bagaiamana kalo di adakan lomba bagaimana cara promosi blog jitu . Salam sukses

    ReplyDelete
  134. nice post,setuju bro.ya kalo ingin blognya ramai dikunjungi harus SEO (online dan offline).hehe

    ReplyDelete
  135. okelah...makasih informasinya aku akan mencoba....

    ReplyDelete
  136. makasih infonya ya!!!!
    bermanfaat banget, apalagi buat aq yg msh belajar. pokoknya top markotop

    ReplyDelete
  137. wahh boleh tu dicoba...
    mampir ya

    http://six-pages2.blogspot.com/

    ato

    http://six-pages.co.cc/

    ReplyDelete
  138. Makasih kk atas infonya...
    saya numpang link jg kk
    sekali2 kunjungin juga ya blog saya
    http://musik-indo-populer.blogspot.com

    ReplyDelete
  139. all maen yuk di server visual op,admin dan user na ramah-ramah... udah gitu di server ini kalian bisa bikin id gratis... + ada pemilihan staff BNET tahap 2.... buruan join sekarang kk... udah gitu server na gag lag... buruan gabung

    CMon buruan join di VisualGame
    IP : bnet.visualgame.cc
    TZ: 7

    Regradz

    r00ki3

    ReplyDelete
  140. Terima kasih infonya ..
    http://rebuildingcreditcards.blogspot.com/
    http://www.magneticprinterink.blogspot.com/

    ReplyDelete
  141. Mantap gan infonya , salam kenal dari pemula

    ReplyDelete
  142. wah infonya bagus kk,,
    soalnya lagi banyak belajar uintuk ngeblog ne
    kunjungi blog q juga ya ^_^

    ada yang lucu2 di blogq ^_^
    http://suka2shop.blogspot.com

    ReplyDelete
  143. Terimakasih mas.Informasinya sangat bemanfaat bagi saya yang masih awam.Moga blog saya banyak pengunjungnya.

    ReplyDelete
  144. Bagus Juga Gan sarannya.. Bole Dicoba nih :DD

    ReplyDelete
  145. blog yang mantabbb...

    saya ikutan meninggal kan jejak yah pak.. :D

    http://domain19nyoba.blogspot.com/2011/03/program-ptc.html

    trims pak, salam kenal & sukses selalu...

    ReplyDelete
  146. Trim's ya sangat membantu
    http://semuaadasisini.blogspot.com/

    ReplyDelete
  147. Thankyou, Thom. Senang bisa berkunjung ke blogmu dan dapat informasi yang bagus serta menarik. See you next time.

    ReplyDelete
  148. thanksss bgt info-nyaa..^^
    mampir k blog ku yaa.:
    severus love
    http://severuslove.blogspot.com/

    ReplyDelete
  149. Terima kasih.
    Infomasinya sangat bermanfaat. Wawasan pengetahuan saya jadi lebih terbuka.

    ReplyDelete
  150. thank banyak. ayo kawan2 kunjungi blog aku http://pertamamedia.blogspot.com/

    ReplyDelete
  151. thanks infonya.....
    mampir ke blog q ya
    http://teguh-tenan.blogspot.com/

    ReplyDelete
  152. makasih buat info nya,,, jngn lupa mampir ke blog aku ya,
    http://blogs-car.blogspot.com/

    ReplyDelete
  153. mantap postinganya..

    saya juga mau promosi blog nich

    http://ichtechliomessi.blogspot.com/

    jangan lupa follow yach and comment

    ReplyDelete
  154. wah...mypagerank.com-nya gak bisa.. :(

    ReplyDelete
  155. mantab infonya bro, jalan-jalan ke www.click-buynow.com ya friend.

    ReplyDelete
  156. jangan lupa mampir di blog saya http://appheart.blogspot.com/ disini anda bisa download game dan software2 terbaru secara gratis...

    ReplyDelete
  157. makasih nie mas infonya sukses terus ya...!!

    ReplyDelete
  158. Titip promosi blog ea.

    http://worlddrinkrecipes.blogspot.com

    ReplyDelete
  159. terima kasih tipsnya, berguna banget buat blog baru.

    ReplyDelete
  160. Hemm... baru beberapa hari yang lalu baca postingan dari si empunya (o-om), eh di sini baca lagi. Jadi tambah memantapkan pengetahuan...

    Good share bro...
    Regards,
    http://freevideotutes.blogspot.com

    ReplyDelete
  161. Makasih banget ni gan sharing nya,,
    berhubung diizinkan ane skalian mau sharing ilmu juga lewat blog ane gan http://eryz-photoshop911.blogspot.com/

    ReplyDelete
  162. hatur nuhun ... salam kenal ...

    http://soundofhatred.blogspot.com

    yg suka mp3 gratisan mampir nya ke blog sim kuring & don't forget tu follow otree ...

    ReplyDelete
  163. Visit My Blog : http://cinemasaga.blogspot.com/

    ReplyDelete
  164. salam sukses..!!!
    http://www.cintaq2008.wordpress.com

    ReplyDelete
  165. netter yg terhormat,
    saya mo nggajak gabung di websiteku nih..!
    www.onlinestore-andrie.blogspot.com

    makasih yach..!
    andrie/lampung

    ReplyDelete
  166. terimakasih infona ohya tolong koreksi blog aku http://suksesdunia.blogspot.bom

    ReplyDelete
  167. Wah mantap tipsnya!!

    nitip link ya mas :D http://mycheatrf.blogspot.com/

    ReplyDelete
  168. infonya bagus sangat ,,,
    banyak blog2 bermanfaat dari anak bangsa

    kunjungi jg bro

    http://gitaris-muda.blogspot.com

    ReplyDelete
  169. nice info bro, aku baru di dunia blog
    tolong kunjungi blog ku
    http://tirtoman.blogspot.com/

    ReplyDelete
  170. Terima kasih mas...selama ini saya bingung juga bgm cara promosinya...tp sekarang sdh lumayan mengerti.

    ReplyDelete
  171. mantap kk mulai ada cahaya buat blog saya
    Visit juga ya
    http://file5shared.blogspot.com/#en

    ReplyDelete
  172. matur thanks sharing ilmunya .... mampir ke blog saya ya ... http://jawagames.blogspot.com
    Salam kenal ...

    ReplyDelete
  173. Waah, thanks for information ! :)
    Please, Look at my new Blog : http://ablogof-rinaldhys.blogspot.com/

    ReplyDelete
  174. Blog Punyaku kok Masih Sepi,padahal dah mati-matian Promosi

    ReplyDelete
  175. sippp
    http://janakaandtheinfo.blogspot.com/

    ReplyDelete
  176. sangat berguna sekali gan.. apalagi buat ane yang newbie..slm kenal

    ReplyDelete
  177. numpang promosi yah mas http://danijazz03.blogspot.com/
    silahkan mampir ke blog saya :)
    terimakasih

    ReplyDelete
  178. tanks infonya kunjungi blog saya juga yaa

    ReplyDelete
  179. terima kasih mas..informasinya berguna banget...makasi juga da ngizinin buat promo link


    visit
    http://delvijuwita.blogspot.com

    ReplyDelete
  180. Numpang comment, sambil ikut promosi dikit...
    http://zavilacikal.blogspot.com/

    ReplyDelete
  181. terimakasih... bermanfaat nih....

    ReplyDelete
  182. ikut comment tentang promosi blog, sekalian belajar tentang optimasi blog boss,makasih udah dikasih space u/comment.
    http://lembur-cikeruh.co.cc

    ReplyDelete

Sangat dianjurkan berkomentar, tapi jangan nyepamm . OK?!