Pages

Mengenal Bottleneck. Apa Itu Bottleneck?

Kemarin dulu, seorang teman meminta pembahasan mengenai bottleneck. Bukan bermaksud sombong atau gimana, tapi karena perasaan saya mengatakan kalau saya pernah tahu tentang hal tersebut, saya jawab saja akan saya bahas. Jadilah saya gogling untuk mengumpulkan materi dan menemukan istilah bottleneck ternyata mencakup banyak aspek. Wew ...
Bottleneck atau jika di Indon-kan berarti leher botol. Kasus ini ternyata patut kita soroti. Karena pasti sebagian dari kita jarang memperhatikan fenomena 'leher botol' --bahkan saya sendiri! Ck.. ck.. ck.., bukan contoh yang baik euy ... Jangan salah sangka bahwa kemudian setiap komponen akan berubah menjadi mirip leher botol hehehe .... Penasaran? Pantengin terus ya ...

Apa itu bottleneck?
Bottleneck bila diartikan secara bebas adalah leher botol. Jika diartikan secara 'kasar', artinya adalah penyempitan jalur. Lihat saja leher botol, selalu menyempit daripada badannya. Perumpamaan ini banyak digunakan dalam berbagai bidang. Tidak dalam dunia yang berhubungan dengan komputer saja yang memakai istilah bottleneck. Dunia pergitaran juga lhoo.. Tapi saya kurang tahu masalah itu.
Ketika diterapkan dalam lalu lintas, bottleneck adalah penyempitan lebar jalan dari kondisi lebar jalan yang normal [entah karena gangguan, perbaikan jalan atau masalah yang lain], di salah satu titik/ ruas jalan, sehingga mengakibatkan kemacetan atau perlambatan arus lalu lintas. Sebagai contoh misalnya jalur/ pintu tol. Atau bayangkan saja jalan raya yang melewati pasar tumpah pada saat arus mudik.
Bottleneck Pada Hardware Komputer
Tidak ada yang menginginkan terjadinya bottleneck. Namun kondisi ini bisa terjadi pada seluruh komputer yang ada di dunia ini. Bottleneck tidak seperti virus. Dia tidak berhubungan dengan system, meski akibatnya akan sangat berpengaruh pada system juga. Terjadinya bottleneck dalam sebuah PC atau komputer bisa mencegah kompter itu bekerja secara optimal. Bagaimana tidak?? Kondisi ini terjadi karena ada bagian tertentu pada komputer yang katakanlah bekerja sangat lambat, sehingga mempengaruhi kondisi komponen yang lain. Atau, spesifikasinya tidak sebanding dengan peripheral yang lain. Hardware dengan spesifikasi yang lebih tinggi harus mengalah pada hardware yang 'lambat', karena harus menunggu agar proses yang dibebankan kepada si biang 'bottleneck' selesai. Otomatis dampaknya, berimbas pada kinerja system.

Contoh Kasus
Perhatikan contoh berikut : [ciee gayanya kek Pak Guru ajah hehehe...]
Contoh 1
PROC : core 2 duo
RAM : ddr 5300 2 giga
VGA : 1600xt
[^Ada yang speknya seperti spek diatas?? :) ]
Jawab : [Jadi inget pelajaran waktu di SD hehehe...]
Dari melihat soal di atas,maka dapat disimpulkan bahwa Komputer dengan spesifikasi seperti itu bsa terjadi 'bottleneck'. Karena, processor OK [keluaran yang lumayan baru lagi hehehehe ..], RAM gede tapi VGA-nya pas-pasan. So... dari segi performa akan tidak maksimal --terutama buat nge-game hehehe... Banyak juga contoh yang lain. Karena pada dasarnya, setiap komputer mempunyai 'bottleneck'. Hanya saja, letaknya dimana, itulah yang perlu dikaji..
Terlebih lagi, kalau mainboardnya tidak support komponen-komponen pada soal diatas. Pastilah terjadi bottleneck juga. Lha wong komputernya tidak bisa hidup! :D hehehe ...

Contoh 2
Misalnya sebuah komputer, VGA-nya baguuuus banget. Cepat lagi. Merek terbaru. Tapi.. RAM-nya atau Motherboardnya masih rendah. [Atau lebih parahnya Mainboardnya tidak support. Gubraks...]
Akibatnya si Motherboard atau RAM tidak bisa nampung kecepatan dari vga dan akhirnya menyebabkan bottleneck. Performanya tidak maksimal, boro-boro hidup eh malah bikin hang :)

Kesimpulan
Jadi lebih baik pastikan kecepatan dari RAM, Motherboard, VGA Card, Harddisk dan Processor serta pilihlah yang sesuai.
In engineering, bottleneck is a phenomenon where the performance or capacity of an entire system is severely limited by a single component. The component is sometimes called a bottleneck point. The term is metaphorically derived from the neck of a bottle, where the flow speed of the liquid is limited by its neck.
Formally, a bottleneck lies on a system's critical path and provides the lowest throughput. Bottlenecks are usually avoided by system designers, also a great amount of effort is directed at locating and tuning them. Bottleneck may be for example a processor, a communication link, a data processing software, etc.


Tambahan : Penggunaan Bottleneck
Bottleneck di dunia per-'jalan'an, berarti penyempitan jalur yang mengakibatkan perlambatan arus lalu lintas.
Bottleneck di bidang per-'ngenet'-an bermaksud lemotnya koneksi internet karena kurangnya bandwidth [data terlalu besar/ banyak] sedangkan jalur yang disediakan terlalu kecil untuk melayani request. Sering juga disebut connection bottleneck.
Ada yang mau menambahi??? Silahkan..

Disadur, diterjemahkan, disarikan, copy paste yang dimodifikasi, diringkas dari banyak sumber; kemudian tak lupa diberi sentuhan dan tambahan dari thom.

26 comments:

  1. saya tau istilah bottleneck waktu belajar basis data di kampus.., hmmm.. sekarang jadi lebih jelas lagi setelah baca diatas.. :)

    ReplyDelete
  2. kalau basis data, berarti bottleneck-nya berhubungan ama pengolahan data sampai ama request data ... Yang penting prinsip bottleneck tuh kek begitu ...

    ReplyDelete
  3. Wikikiki..... tapi saya masih rada gamang sama bottleneck yang untuk IDM itu.... Saya penasaran ama cara untuk mempercepat kecepatan download itu.....

    Mas Thom...... artikelnya kurang banyak... tehehehehe.......

    ReplyDelete
  4. Namanya aja masih mengenal hehehe ntar klo kbanyakan takutnya malah pada bingung :)

    ReplyDelete
  5. Namanya aja masih mengenal hehehe kalau langsung semua g jadi penasaran dun yang baca :)

    ReplyDelete
  6. Wakakakak..... dasar arek iki.. isok ae....

    Cepetan update-annya mengenai bottleneck!

    Alam menunggu...... (gak sabar)

    ReplyDelete
  7. mas,saya pake asus P5PE-VM..saya beli komputer dari ini temen saya (secondhand)....waktu saya liat di situsnya Asus,katanya udah socket LGA 775, dual channel memory..tapi , di memorynya terpasang memory DDR (512 MB), bukan DDR2....padahal Motherboardnya udah PC 3200...gimana tuh mas..?saya mau ganti memory DDR2 yang PC 3200..ada nggak sih,..???soalnya waktu saya maen counter strike 1.6, katanya komputer saya belum support openGL...makin stress saya.....

    ReplyDelete
  8. @ miFTa
    Mifta... dual channel itu maksudnya ada dua slot buat RAM-nya. Jadi misalkan mau upgrade memory ke 1 Giga, tinggal beli 1 keping memory 512Mb.

    Mungkin maksudnya mifta, dual channel == DDR2..

    Tapi itu beda. Dual channel maksudnya slot RAM yang ada di motherboard ada dua.
    Sedangkan DDR2 adalah tipe RAM. Memory mifta 'kan DDR nah... DDR2 itu 'kakak'nya DDR.

    Kalau mifta beli DDR2 PC 3200, kirim ke thom aja :D masalahnya komputernya thom RAMnya DDR2..
    thom juga baru mau upgrade RAM nih hehehe
    Ntar kalau DDR2 dipasang di komputer mifta, jelas gak cocok, karena slot DDR dan DDR2 beda. Jangan pula beli DDR3 [tipe RAM yang terbaru] karena udah beda lagi kebutuhan slotnya.
    :)

    Kalau main CS g support openGL, itu bukan masalah pada hardwarenya.. mifta tau directX?? Nah.. openGL tuh saingannya directX. Itu semacam file buat grafis. Kalau main game 'kan penting banget tuh... :)

    Untuk download openGL bisa mifta klik di sini atau bisa mifta tanyakan ke mbah Gugel. Semoga simbah yang satu itu belum pikun :D
    hehehehe

    Semoga membantu y?? :)

    ReplyDelete
  9. @mifta
    Ini ada sepenggal artikel yang mungkin perlu mifta baca :)

    ....API singkatan dari Application Program Interface. API adalah interface yang digunakan oleh aplikasi-aplikasi 3D (tiga dimensi). Seperti contohnya game 3D atau aplikasi lain yang memberikan tampilan 3D. Untuk saat ini, ada dua macam API yang sangat umum digunakan yaitu OpenGL dan DirectX. Selain keduanya masih ada dua API lagi, yaitu Glide dari Voodoo dan Redline. Namun kedua yang terakhir ini sudah sangat jarang muncul.

    * OpenGL
    OpenGL adalah API yang dikenalkan oleh SGI (Silicon Graphics Inc) kali pertama pada tahun 1980-an. Awalnya OpenGL diciptakan untuk mendukung proses rendering pada hanya digunakan untuk mendukung proses redering yang dilakukan oleh komputer graphic produksi SGI. Namun akhirnya, OpenGL dijadikan standar oleh berbagai perusahaan software dan hardware. Saat ini, Anda tidak perlu repot-repot mencari dan menginstal API tersebut. Sebab umumnya semua video card yang ada saat ini sudah dilengkapi driver yang mengandung OpenGL versi terbaru. Jika Anda merasa bahwa OpenGL yang digunakan kurang up to date, Anda hanya perlu men-download dan menginstal versi terbaru dari driver VGA yang digunakan. Maka secara otomatis OpenGL Anda pun akan ikut ter-update. Selain itu, satu lagi yang menjadi kelebihan OpenGL adalah fleksibilitas. OpenGL dapat digunakan hampir pada semua operating system, mulai dari Windows, Linux, sampai Mac OS X. Salah satu contoh Game 3D yang menggunakan OpenGL sebagai API adalah Quake.
    * DirectX
    Berbeda dengan OpenGL yang hanya digunakan sebagai interface graphics saja. DirectX merupakan sebuah paket terdiri dari Direct3D, Direct-Sound dan DirectPlay. Direct3D adalah API untuk graphic, Direct-Sound untuk suara dan DirectPlay untuk jaringan. DirectX dikembangkan oleh Microsoft. Saat ini keberadaan DirectX sudah sangat luas. Namun saat ini DirectX lebih diperuntukkan pada aplikasi Windows saja. hal inilah yang sampai saat ini banyak disayangkan oleh para programer graphic. Selain itu, yang menjadi kelemahan bagi DirectX adalah Anda tidak selalu mendapatkan versi terbaru dari DirectX setiap Anda menginstal driver terbaru video card Anda. Untuk meng-update DirectX terbaru Anda harus menginstalnya secara tersendiri. Untungnya DirectX ini disediakan secara cuma-cuma oleh Microsoft pada situsnya....

    dari PCMedia

    ReplyDelete
  10. mas,,berarti komputer saya belum bisa di pakein DDR2 donk...?????
    kan ada DDR2 yang PC 3200???

    ReplyDelete
  11. blom mifta :)
    kan slotnya beda... Klo mifta ngebet pengen yang PC 3200, yang type DDR sepertinya ada juga :)
    Good Luck

    ReplyDelete
  12. bang thom, tnya ni..
    klo bottleneck itu bisa berakibat kerusakan komponen gak? jadi bukan systemnya aja yg ga optimal, tapi lama klamaan komponennya jadi rusak gitu.. bisa gak?
    klo iya kenapa? klo engga knapa?
    trims

    ReplyDelete
  13. @ Andre

    Kalau soal bottleneck itu ngerusak atau enggak, bottleneck itu tidak merusak.Hanya menghambat arus data.Lihat saja botol.Kalau kita mengeluarkan air di dalam botol pasti tidak langsung keluar kan???.Pasti harus menunggu kan???.Nah.Seperti itulah yang akan terjadi di dalam komputer.Hanya airnya berupa Data-data.Ada tambahan.Bottleneck juga bikin kerusakan.Yaitu kerusakan pada pemakai.(Stress karna nunggu proses yang lama)

    ReplyDelete
  14. hmmm
    nih spek Kom ku yang sekarang
    Proc Core2Duo 1.8GHZ (1066FSB)
    Mobo AsrockConroeXfireSata2
    RAM 2Gb DDR2
    VGA Zotac 9500GT 512 128bit PCIEx

    pas masuk di biossnya koq rada lambat gitu yah,apa mungkin ini yg dinamakan bottleneck?

    tologn di jawab ke mail ku yah Pak'de Tom...
    stereo.phoenix@yahoo.co.id
    thxxx.... :)

    ReplyDelete
  15. klo9 bottle lag tuh ap sih kk ??

    ReplyDelete
  16. mas thom saya mau ikut nanya, spec saya:
    ECS P4M900-T, E7400, DDR2 2GB, 160 GB, saya rencananya mau beli HD 4850, bottleneck nggak?.
    tksh

    ReplyDelete
  17. aq mau tanya nie,,,,bila intel dual core digandeng dengan SLI GeForce GT x295,apa ya yang akan terjadi!!!?????thankz

    ReplyDelete
  18. si mbah butuh istirahat kayaknya hehe ;p

    ReplyDelete
  19. herman
    mas thom saya mau ikut nanya, spec saya:
    ECS P4M900-T, E7400, DDR2 2GB, 160 GB, saya rencananya mau beli HD 4850, bottleneck nggak?.
    tksh
    answer
    gak bottleneck cuma bagusnya pakai power supply yg pure 500 ke atas watt. klo bisa 650 watt biar VGAnya cukup daya.merk corsair,seasonic,saga,coolermaster,thermaltake,saga,silverstone,gigabyte,seventeam dsb jgn pakai merk PSU abal-abal.spt powerlogic,simbadda,power up,dsb.

    ReplyDelete
  20. rindy ;
    aq mau tanya nie,,,,bila intel dual core digandeng dengan SLI GeForce GT x295,apa ya yang akan terjadi!!!?????thankz
    jawab:
    ya jelas bottleneck dong! masak bisa beli GTX 295 Processornya dual core.minimal pakai core2duo klo bisa speednya min 3 GHZ atau di overclock 3,4 GHZ lbh mantep pakai AMD PHENOM X2,core2quad,core i5,core i7.trus motherboardnya cari FSB yg 1600 MHZ chipset p45/Nvidia,Ramnya 4 GB jgn lupa powerspplynya minimal 700 watt.

    ReplyDelete
  21. Yupss....Betul sekali secara umum,
    tapi w kira ni 'bottleneck' pada Sistem Operasi...

    ReplyDelete
  22. mo nanya lagi
    MB ASUS P5PE VM
    Processor dualcore 2.88 Ghz
    VGA CARD GeForce FX 5200 128 MB
    RAM DDR1 512 MB
    DirectX 10

    kok untuk buka Grafik (autocad) agak lemot ya?soalnya komputer kantor dengan spek
    MB MSI
    Procesor PENTIUM 4 2,00 GHz
    VGA CARD Geforce FX 5200 128 MB
    DirectX 10
    RAM DDR1 512 MB

    nah komputer kantorku tu bisa kenceng waktu buka autocad 2008.

    atau bisa kenceng saat browsing dan dengerin MP3..sedangkan kompie ku untuk buka Modzilla berbarengan dengan winamp, suka macet2 winampnya(penyanyinya ngerap..hehehe)

    apa ini yang disebut botle neck?
    klo bisa bales ke email aya ya mas

    ReplyDelete
  23. kalo bottleneck of a pure interpretion apa yah arti nya? makasih ^^

    ReplyDelete
  24. Komp saya speknya
    core 2 quad 2.5ghz
    Ram 1 Gb pc 800
    vga nvidia geforce 9300 gs 512
    MB : asus p5kpl se
    ada yang jadi bottle neck gag tuh?

    ReplyDelete
  25. persepsi yang salah yang sering di anut orang pada umumnya dan beberapa toko komputer juga adalah.... yang penting proc kenceng memory besar, vga kenceng = mantappp... padahal hasilnya bottleneck.
    komponen paling mendasar adalah psu.... cari psu yang paling gede... berefisiensi power murni... kode 80+, proc ga perluh tinggi... mobo yang perlu paling bagus.... lalu memory cari yang dapat mencapai latency yang terbaik bukan dari giganya dilihat... selebihnya... terserah kecukupan dana anda....
    thanx

    ReplyDelete
  26. e6300 vga450 kira2 botleneck gak ya???
    ram 4gb

    ReplyDelete

Sangat dianjurkan berkomentar, tapi jangan nyepamm . OK?!