Pages

Meraup Dolar di Dunia Internet

Bisnis Google Adsense menjanjikan pendapatan iribuan dollar per bulan.
Kisah sukses para pebisnis online. Dikutip dari KORAN TEMPO, Suplemen, Jum'at tanggal 05 Oktober 2007.

Jangan melihat seseorang dari tampang dan penampilan, apalagi bila itu adalah Cosa Aranda. Penampilanya yang menjurus dekil telah menyembunyikan sosoknya sebagai pebisnis sukses. "Saya sering dicuekin saat membeli barang gara-gara penampilan," katanya melalui surat elektronik kepada Tempo Kamis pekan lalu. Padahal pemuda 28 tahun itu berpenghasilan US$ 5000-10.000 per bulan. Kalau ditukar rupiah, berarti sekitar Rp 46-92 juta per bulan [tahun lalu segitu berarti sekarang paling dah nambah euy .. ].
Modalnya hanya seperangkat komputer, sambungan internet, dan "duit receh" untuk membiayai domain dan hosting di dunia maya. Sumur duitnya adalah situs-situs internet yang dibangun dan dikelolanya sendiri. Situs-situs itu terdaftar dalam program Adsensse dari Google. Program inilah yang memberi mahasiswa tingkat akhir di sebuah sekolah tinggi swasta di kota Surabaya, Jawa Timur, itu berpenghasilan besar. Adsense adalah layanan iklan berbasis teks yang ditujukan untuk mendistribusikan iklan-iklan yang masuk situs pencari Google. Program ini diluncurkan pada tahun 2003. Google menempatkan sejumlah iklan yang sesuai dengan tema situs yang terdaftar dalam programnya. Para pebisnis Adsense disebut juga publisher, akan menerima dolar pada saat pengunjungnya mengklik iklan yang tampil di halaman situs itu. Situs besar lain, Yahoo dan MSN dari Microsoft, sebenarnya memiliki layanan serupa. Tapi layanan itu hanya berlaku di wilayah Amerika Serikat. Itulah mengapa Google Adsense, yang menerima publisher dari belahan dunia mana pun, lebih populer. Lagi pula sharing duit iklan itu terbilang paling besar dibanding pesaingnya. Publisher akan mendapat bagian sampai 70 persen, sisanya masuk ke kas Google. Pola pembagian pembagian yang menggiurkan inilah yang menarik minat Cosa pada pertengahan 2005. "Awalnya hanya coba-coba". katanya seraya menyebutkan pemasukan pertamanya tak sampai US$ 1. Cosa sampai-sampai mambenamkan diri di dalam kamar selama berminggu-minggu untuk memperbaiki penampilan situsnya. Lambat laun pengunjung situsnya semakin bertambah, seiring dengan peningkatan jumlah duit. Setelah situs-situsnya mapan, Cosa kini giat berpromosi tentang Adsense dan bisnis online lewat sejulah workshop di berbagai kota. Di situs pribadinya, lelaki ini membuka kolom konsultasi dengan peminta yang berjubel. Cosa pun sudah kembali ke kebiasaan lamanya, membaca komik Dragon Ball dan menonton Anime atau bermain PlayStation dan Nintendo Wii. Sesekali dia menyambangi toko buku, walaupun jarang membeli.
"Basah"-nya Adesnse juga menarik hati Ujang, seorang lulusan sekolah menegah atas dari Semarang. Ujang adalah nama kecil lelaki kelahiran 1972 itu di dunia maya. Sebelumnya dia kerap memakai nama Hasanz. Cek pertama yang ditrimanya pada Juli 2005 bernilai US$ 183. Tapi kini penghasilannya rata-rata US$ 150 per hari atau sekitar Rp 1,3 Juta. Duit segitu membuat Ujang menutup kios aplikasi, game selular dan nada dering di sebuah mall di Semarang. "Sekarang saya berfolus di bisnis online saja." kata ayah satu anak yang sedang menanti kelahiran anak keduanya ini.
Dari kota Gudeg Yogyakarta, jutawan lain bernama Dwi Hermawanto. Dibanding Cosa dan Ujang, lelaki ini sudah bangkotan di bisnis Adsense. Dia membuat situs dan mendaftarkannya hanya beberapa pekan setelah Adsense diluncurkan. Dwi, yang tampil di dunia maya melalui situs www.pogung177.com, menghasilkan duit rata-rata US$ 400 per bulan. Tapi dia juga masih berbisnis online yang lain, yakni Affiliate Marketing, yang diikutinya sejak 2000. Pada bisnis Affiliate, lelaki 27 tahun itu akan mendapat komisi atas keberhasilannya menjual produk-produk yang dijual ditoko online di Intenet. Ditotal-total, kedua bisnis online itu membuat Dwi duit rata-rata US$ 800 atau sekitar Rp 7,3 jutaan per bulan. Kedua bisnis itu, kata Dwi, sama-sama menguntungkan asal dikelola dengan pintar karena dolar itu tak datang tiba-tiba. "Harus pintar mencari topik yang sedikit kompetitornya tapi margin permintaannya tinggi," kata Dwi. Adapula yang disebut SEO [Search Engine Optimization] semacam mata kuliah wajib yang kudu dikasi seorang publidher. SEO adalah ilmu mendesain situs agar bisa tampil di halaman pertama mesin pencari seperti Google, Yahoo dan MSN. Rahasia lain adalah keberuntungan. Kadang kala situs bagus pun jarang pengunjungnya. Sebaliknya, pengunjung situs yang jarang diperbarui malah membludak. "Jadi banyak berdo'a juga", ujar Dwi terkekeh.
Bisnis Internet telah membuat pundi-pundi ketiganya membengkak. Selain diputar untuk membeli domain, hosting, dan meningkatkan kepasitas situs, uang berlebih dipakai untuk berbagai keperluan. Cosa dan Ujang, misalnya, giat menabung untuk membeli rumah. Dwi malah mendirikan usaha percetakan digital serta jasa pembuatan situs dan piranti lunak komputer bersama teman-temannnya. Kali lain uangnya dipakai untuk biaya kuliah. Ketiganya yakin, bisnis online seperti Sdsense tidak akan pernah mati sepanjang jaringan internet masih bernapas. Namun, mereka juga mewaspadai persaingan yang tambah ketat. Kadang kala ada saja publisher yang main kotor. Dwi pernah menemukan kasus penjiplakan isi situs publisher dari luar negeri ataupun dari dalam negeri sendiri. Praktek lain yang tak kalah curang adalah click fraud. Cosa mengatakan itu terjadi saat seorang publisher mengklik iklan Adsense pesaingnya secara berulang-ulang dalam waktu singkat dan dengan komputer yang sama. Publisher yang tak berdosa itu akhirnya dihukum oleh Google yang melarang praktek semacam itu. Publisher akan dibanned atau ditendang dari keanggotaan tanpa ampun.

15 comments:

  1. beginilah bila Blog Thom Sharing sedang Posting Dollar Sharing....seep Suhu mencerahkan. Infonya lengkap. Jadi pinghin blajar soal dunia perdollaran neh...

    ReplyDelete
  2. Wah tampaknya sudah banyak yang sukses di dunia internet ya. Infonya lengkap, thanks ya.

    ReplyDelete
  3. mau dunks...mau ..mau....
    emang tampanggak menjamin siapapun....
    banyak orang yang berpenampilan serba wah, rapih, ternyata semua pinjaman daan gak sedikit kalau itu tipuan....

    maksaih infonya Mas...

    ReplyDelete
  4. @gus
    kekeke mas gus bisa aja :)
    Belajar sama-sama yuuk. :)
    @haryanto
    Memang banyak jutawan-jutawan yang sukses dari bisnis Internet. Dan thom baru merilis nih hehehe..

    ReplyDelete
  5. @Jovie
    iya bener tuh. Kalau thom bagaimana mbak Jovie ?? hehehehe

    ReplyDelete
  6. wah wah semakin membaca pengalaman orang yang sudah sukses maka semakin aja kita ngiler..

    ReplyDelete
  7. Berburu dollar? gak bisa dijamin, dollar dah mulai anjlok

    ReplyDelete
  8. pengen euy.., walaupun saya tau.., ga gampang buat mencapai posisi seperti mereka, butuh kerja keras.. :)

    ReplyDelete
  9. Terima kasih, sudah mau mendaftar untuk menjadi pengelola dari komunitas Joomla VS Blogger... Tapi kalau mau jadi pengelola, harus bisa jawab pertanyaan dari pengunjung yang nanti bertanya OK. Sukses.

    3 Hari lagi saya kasih tau.

    ReplyDelete
  10. Kalo mas thom, penghasilan dari google adsensenya berapa ya? Daripada orang lain, mending kan pengalaman sendiri... tehehehehe....

    Tapi kalo pengalaman sendiri, orang-orang malah ga mau ikutan google adsense kali ya....

    PS: bercanda.... akhir2 ini saya sedang kejam-kejamnya.... dan berada di puncak kekejaman... jangan dimasukin ke hati... minal aidzin wal faidzin lagi, deh....

    ReplyDelete
  11. tapi akhir-akhir ini banyak baget blogger yang kena banned dari google adsense
    ada alternatif lain g selain adsense

    ReplyDelete
  12. @ Fachia
    Yook kerja sama biar kita nyaingin mereka :D

    @ Anang
    Kang Anang aja pengen apa lagi akuh ... :)

    @ Project
    jangan patah semangat project. Kita cari kesempatan dalam kesempitan yoo :D

    @ spydeeyk
    Emang. Kalau kerja sama mungkin gak keras-keras amat kali :D
    Gimana??

    @ indra
    asyiiik jadi g sabar :D
    thom tunggu yaaa :)

    @ Alam
    Bisa aja kau Lam :D

    Deal..
    Minal 'aidin wal faizin lagih..

    @ Tony
    Segera. Ayo bikin tim :D

    @ aziz
    dbanned karena pada ngelanggar aturan sih. Gugel kan baik tapi kejam.. Main banned :D
    Yang local banyak tuh..
    bisa dicoba..

    ReplyDelete
  13. gimana sih OHM... udah lbih 2 th saya coba bisnis internet sekalipun blum pernah dapet uang... parah dah apa saya ga berbakat ??

    ReplyDelete

Sangat dianjurkan berkomentar, tapi jangan nyepamm . OK?!