Pages

Apa itu Permalink?

Apa itu permalink hayoo.. ?!
Seratus buat thom :D

Memang Apa itu permalink? Nah lho..
Bagi pemula alias nyubi ato gaulnya newbie, permalink akan menjadi hal yang cukup asing. Tidak seperti para suhu blog dan ahli SEO. Tuentu sudah akrab dengan yang satu ini. Permalink mempunyai kedudukan yang lumayan penting dalam ikut andil berperan dalam menangkringkan [halah bahasa apa sih ini? :D] halaman kita di SE.
Mau tahu jawaban thom? :)
Jangan kemana-mana, simak setelah mengklik link yang satu ini :)

Permalink yang merupakan singkatan dari 'Permanent Link' merupakan alamat URL atau link yang permanen tentang suatu postingan. Kita bicara di blogger lho ya... Permalink-nya WP dengan permalink-nya Blogger, jelas berbeda; meskipun pada prinsipnya tetap saja permalink :D
Jika pada WP kita bisa memilih beberapa tipe permalink, maka yang bergerak di platform blogger tidak bisa seleluasa itu. Tapi hal itu pada dasarnya tidak menjadi 'big problem'.

Yang mana permalink?

Perhatikan contoh berikut :
  • http://thom-sharing.blogspot.com/2008/09/tips-memilih-dan-mengganti-template.html
  • http://thom-sharing.blogspot.com/
  • http://thom-sharing.blogspot.com/2008/09/u-comment-i-follow-backlink-pagerank.html
Nah yang dimaksud permalink ada yang point ke-1 dan ke-3. Sementara yang point ke-2 merupakan alamat URL. URL adalah Uniform Resource Locator yakni sebuah alamat web yang unik dan tidak sama antara satu URL dengan URL lainnya. Yang masuk pada kategori ini yaitu nama domain (website/situs, blog).

Kalau boleh mengutip postingan mas hakim,
...gabungan dari URL/link dan struktur kalimat yang terpotong dengan tanda slash (/) dan dash (-) tersebut merupakan URL spesifik sebuah content/posting blog yang disebut permalink. Permalink merupakan suatu susunan unik yang selalu berbeda dengan permalink lainnya meski dalam satu URL, dan jika sebuah permalink telah publish maka dia tidak bisa diganti (edit) lagi, sesuai dengan namanya permalink yang berarti permanent link...
Permalink di blogger
Jika dilihat dari struktur, secara garis besar WP dan blogger tak mempunyai perbedaan. Perbedaannya mungkin terletak pada permalink WP bisa dikostumisasi sedang di blogger tidak. Itu saja. Biasanya, judul postingan merupakan bagian dari permalink. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika memperhatikan point berikut :

Jangan terlalu berharap pada blogger untuk memberi permalink yang 'sama persis dengan judul postingan'. Blogger akan 'menyunat' judul tersebut jika judul tersebut terlalu panjang. Dari pengamatan thom, permalink blogger hanya akan diambilkan kata-kata dari judul maksimal [rata-rata] 5 [jika kata-kata yang dipakai tersebut puanjang] sampai 6 kata pendek. Jadi, ada baiknya memberi judul yang singkat, padat, jelas dan strategis. Maksudnya strategis itu berada di kawasan yang ramai eh mengandung keyword namun juga mencerminkan isi.

19 comments:

  1. ooo gitu, save as dulu ah

    ReplyDelete
  2. wah makasih nih infonya...

    ReplyDelete
  3. @ Tony
    baca lagi deh hehehe :)

    @ project
    yah salah atuh.. yang bener Save page As.. :p :D

    @ Choen
    sama-sama choen :)

    ReplyDelete
  4. good info....thank you man !!!

    ReplyDelete
  5. waduh baru baca sekarang nih saya, thanks mas yah buat infonya yah...

    ReplyDelete
  6. ouh gitu ya....hehe...jadi ngerti dikit nih...hehe

    ReplyDelete
  7. wow it is good post.....saya ijin bookmark situs ini.

    Saya juga ingin menyebutkan "langit sangat nyata buku" (heaven is so real book) oleh Choo thomas yang totally berubah hidup saya.

    ReplyDelete
  8. Memilih jenis permalink yang bagus untuk SEO adalah penting. Kalau boleh, jenis yang ade topik blog post kita.

    ReplyDelete
  9. wah makasih ya mas infonya..saya mengerti skrg,

    ReplyDelete
  10. o begitu yah...jadi permalink ama url beda yah..

    ReplyDelete
  11. wow thanks gan infonya, baru tau eg. . .
    salam kenal

    ReplyDelete
  12. oooooowhh gituu,,ngertii bang thom tengkyuu berattt,,sempat bingung juga untung gak lama,,hehee

    ReplyDelete
  13. oh bru ngrti ne... thanks ya infonya

    ReplyDelete
  14. oah gt towh, berati ini termasuk di alogaritma nya mbah google panda tu yg nama link na itu2 za depannya uhm yayaya...

    ReplyDelete
  15. kalo reblog itu maksudnya gmn gan? sorry, ga nyambung..coz bingung mu nanya dimana (maklum msh nubie) :D .. thans's a lot gan :)

    ReplyDelete
  16. Ma ksh gan infonya,, bru tau ana..

    ReplyDelete

Sangat dianjurkan berkomentar, tapi jangan nyepamm . OK?!