Pages

Setengah Isi atau Setengah Kosong


Hanya selingan saja. Thom ada sedikit teka teki nih. Jika kita menghadapi sebuah gelas yang hanya berisi air setengahnya, bagaimana kita mengatakannya? Gelas tersebut setengah isi atau gelas tersebut setengah kosong? Dua-duanya sama-sama benar masalahnya.


Yak! Dua duanya memang benar. Kita bisa bilang gelas itu setengah isi. Begitupun kalau kita bilang gelas tersebut setengah kosong. Benar juga. Di sini thom tidak mempermasalahkan bagaimana kita bilang situasi tersebut.

Tapi coba deh pilih salah satu. Pilih mengatakan setengah kosong atau setengah isi?

Bisa dikatakan, cara pandang kitalah yang membedakan bagaimana kita mengatakannya. Dari ilustrasi tadi dapat kita katakan bahwa yang mengatakan gelas tersebut setengah kosong, mmengilustrasikan kecenderungan berpikir pesimis. Sebaliknya jika kita mengatakan bahwa gelas tersebut masih ada isinya walau setengah, mengilustrasikan pemikiran yang optimis.

Yang bisa dipetik dari ilustrasi di atas adalah bahwa dalam memandang masalah yang datang, jangan dari satu arah saja. Mencoba meminta pendapat orang lain, terkadang ada baiknya juga. :) Tidak ada salahnya 'kan?
Note : Judul postingan di atas merupakan judul sebuah inspiring-book karya Parlindungan Marpaung [Setengah Isi Setengah Kosong Half Full -- Half Empty]. Hanya saja, di sini thom tulis ulang karena ternyata ketika mau thom rewrite, ternyata sudah banyak yang menulisnya di blog lain. Akhirnya saya sarikan saja deh :) Biar gak dianggap sampah ama Google hehehehe... Semoga bermanfaat!

10 comments:

  1. :D sama seperti yang papa ajarkan padaku~ :)))

    ReplyDelete
  2. Thanks dah berbagi, Thom. Yang bilang setengah kosong pasti yang pikirannya negatif mulu

    ReplyDelete
  3. kunjungan balik..:D

    untung ak nebak yg setengah berisi
    he.he. ringkasan yg keren

    ReplyDelete
  4. Hmm..tapi saya rasa hampir semua orang akan mengatakan kalo gelas itu 'setengah berisi' dibandingkan 'setengah kosong'..karena orang pasti melihat 'isi'nya terlebih dulu dibandingkan 'kosong'nya...

    makanya, menurutku kalo ada yang bilang gelas itu 'setengah kosong', menurutku dia orang yang berfikiran lain daripada yang lain...:)

    ReplyDelete
  5. mulanya aku pikir cuma isi ada gak taunya ini sebuah istilah hehehe

    ReplyDelete
  6. yang pasti klo isinya tinggal setenga itu berarti ada yang udah meminumnya, tapi siap ya yg minum? ini pertanyaan teka-teki jugah menurutkuh :D

    ReplyDelete
  7. menurut saya salah kalo itu disebut setengah kosong, karena wadah bisa dikatakan kosong adalah jika wadahnya tertutup, tapi wadah bisa dikatakan setengah isi karena memang ada isinya.

    ReplyDelete
  8. kok setengah isi? itu mah full, sama udara :P

    hehehe...

    ReplyDelete
  9. wah, untungnya aku nebak setengah isi...
    jadi aku termasuk orang-orang yang pesimis donk!....
    Hoooraaayyyyyyyyyy.........

    ReplyDelete
  10. aku nebaknya setengah kosong.. soalnya kalo air yang ada digelas pada akhirnya untuk dihabiskan (minum) kalo secara ringkas menuju pengosongan..

    ReplyDelete

Sangat dianjurkan berkomentar, tapi jangan nyepamm . OK?!