Pages

Apa RSS Feed itu?

Mungkin sebagian besar dari kita bertanya-tanya mengenai hal yang satu ini. Apa RSS itu?. Memang, RSS Feed tergolong salah satu pemain pendatang baru yang ikut dalam meramaikan dinamika dunia internet. Apakah kamu seorang blogger?? Jika jawabanmu ya, maka kamu akan akrab dengan RSS ini. Hampir setiap provider blog menyediakan fasilitas ini. Pun tidak hanya dari kalangan blogger saja, melainkan situs-situs besar sekarang pun memakai jasa ini. Terbukti lebih efektif.

Apa RSS Feed itu?
RSS merupakan kependekan dari Rich Site Summary (untuk RSS versi 0.91), RDF Site Summary (untuk RSS Feed versi 0.92),Really Simple Syndication (RSS versi 2.0). Dan perkembangannya untuk saat ini, RSS telah pada versi 2.0.
RSS adalah format file XML yang digunakan untuk web syndication, yakni menyediakan sebagian isi website untuk keperluan website lain. File berformat XML inilah yang dinamakan RSS Feed. Software pembaca RSS Feed dinamakan RSS Agregator. Software ini dipakai untuk memudahkan kita membaca RSS Feed tersebut. Contoh dari aplikasi ini yaitu Mozilla Thunderbird.
Jika kita sering mengunjungi website-website tertentu secara berkala, tentu hal tersebut sangat memakan waktu dan biaya. Dengan mendaftar pada RSS Feed suatu situs, kita bisa mendapatkan ringkasan content situs tersebut. Sehingga ketika situs tersebut melakukan up date, kita akan mendapatkan ringkasannya, tanpa harus melakukan log in ke situs tersebut dan tanpa diharuskan mendownload content-content yang tidak perlu seperti images dan teman-temannya.
Web yang dibangun berbasis RSS, mengijinkan kita untuk berlangganan pada suatu situs yang menyediakan umpan feed. Kita bisa menggunakan layanan pengumpul yang tersedia banyak di internet. Sebagai contoh Google Reader, Bloglines dan masih banyak yang lainnya. Jika kita diharuskan mengeluarkan biaya dalam berlangganan koran atau majalah, maka dengan layanan pengumpul kita bisa mendapatkannya tanpa biaya alias gratis. :)
Berlangganan melalui RSS Feed
Jika ada yang menginginkan [langganan] perubahan terbaru pada thom sharing, bias dilakukan melalui feed berikut :
Gambar RSSBerlangganan RSS Feed

Berlangganan RSS Feed melalui Email
Dapatkan tulisan atau postingan terbaru dari thom sharing setiap saat melalui email. Gratis! Cukup masukkan emailmu pada kotak di bawah ini :

Dapatkan update terbaru dari thom sharing melalui email :

16 comments:

  1. good..good..good....thank alot

    ReplyDelete
  2. Bagus. Thank's infonya. Ini bukan spam. He..3x
    www.gurugo.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. saya ijin bookmark situs ini.
    thnks info nya mas..

    ReplyDelete
  4. terima kasih; ini akan sangat berguna loo.

    ReplyDelete
  5. sangat bermanfaa..

    Saya juga ingin menyebutkan "langit sangat nyata buku" (heaven is so real book) oleh choo thomas yang totally berubah hidup saya.

    ReplyDelete
  6. mas, koq bisa screen shootnya kayak gitu ya?apa saya masih jauh untuk kesana, hehe
    pertanyaan yang sama yang sampean lontarkan ke kang rohman:)

    ReplyDelete
  7. mas, saya sudah pasang link-nya sampean tuh di blog saya. kalo sempet dan berkenan. dikunjungi ya:) oya udah follow juga yang no. 74

    ReplyDelete
  8. Thank mas... tapi gimana caranya bikin link feed di web saya http://www.kurmasahira.com, alamat feed nya dimana ya? atau linknya seperti apa? mohon masukannya

    ReplyDelete
  9. Bagus.
    Saya juga ingin tanya bagaimana bikin screenshot. Tolong saya diberi tahu dong

    ReplyDelete
  10. Mantap, pmaparan dlakukn cukup jlas dan kumplit..
    Sgt mmbantu..

    Salam Oilink

    ReplyDelete
  11. Mas, maaf saya mau tanya juga nih.
    Saya sudah punya feedburner, nah, kalau seandainya blog saya lebih dari satu (tapi masih dalam satu akun blogger), apakah feed tersebut masih bisa digunakan? Ataukah setiap blog adalah satu feed?
    Terima kasih.

    Hormat saya,
    Newbie blogger

    ReplyDelete
  12. Mas, bagaimana caranya supaya RSS feed saya dibaca orang?

    ReplyDelete
  13. wahhh makasih sekali nih informasinya...sanagat berguna..tinggal ditest... :D

    ReplyDelete
  14. terima kasih mas thom

    ReplyDelete
  15. Sebelumnya kurang perhatian sama rss feed, tapi mulai sekarang mau diterapkan ah, makasih ilmunya, nice share..

    ReplyDelete

Sangat dianjurkan berkomentar, tapi jangan nyepamm . OK?!