Pages

Profesionalkan Blogmu

Siapa yang tidk mau blognya tampil secara profesional. Siapap pun orangnya pasti menginginkannya. Terlebih lagi jika blog tersebut dimanfaatkan sebagai alat bantu perekonomian hehehe. Ada nilai plus tersendiri jika suatu blog tampil secara profesional.
Tidak bisa dipungkiri jika terkadang blogwalking, kadang kita menemukan blog yang 'mengasyikkan'. Disebelah kiri ada jamnya, bawahnya ada shoutbox, kemudian ada ini ada itu ada yang lainya. Tidak salah siih... Tapi ..

Asyik juga sih memiliki blog yang banyak pernak perniknya. Meriah. Jujur dulu saya juga kayak gitu kok. Sampai kemudian saya blogwalking dan menemukan bahwa ada hal hal yang perlu dikurangi bahkan dihilangkan. (Sedihnya waktu itu...). Tapi gak papa... hehehe

Buat Blogmu Tampil Profesional
#1 Tes di banyak browser
Penampilan suatu halaman yang dibuka dengan banyak browser mungkin berbeda. Oleh karena itu, diperlukan penyesuaia, sehingga nantinya tampilan bagus di Mozilla FireFox, demikian juga di IE ataupun sebaliknya. karena selama ini 2 browser tersebut dikenal saling musuh. Maksudnya jika di Mozilla FF bagus, belum tentu tampilan di IE bagus.
#2 Pewarnaan
Membicarakan masalah warna memang gampang gampang susah. Jika menurut mata kita, perpaduan warnanya sudah baik, belum tentu hal serupa diungkapkan orang lain. Perpaduan warna yang serasi adalah jawabannya. Sesuaikan juga dengan content-nya atau tema blog.
#3 Pasang jam??
Coba pikir-pikir lagi... Pentingkah memasang jam di blog kita?? Kalau fungsinya hanya sebagai pengingat waktu dan memperberat loading saja buat apa?? Apakah yang berkunjung cuma mau melihat waktu?? Tentunya tidak to?!
#4 Kalau kalender ???
Just the same thing like above. Selain menambah berat loadingnya... Coba deh dipikirkan lagi. Orang ingin informasi bukannya kalender, kan?!!
#5 Pasang jumlah pengunjung
Blog baru pasang counter?? hati hati lhoo bisa bisa malah citra 'web g laku' yang tertanam diblogmu. Memang sih bisa saja value counter bisa diset 1000. Tapi apa mungkin blog baru sampai segitu??? Apa iya juga sesuai dengan content dan traffic-nya??
#6 Jangan melas!
Kalau kamu ikutan program iklan, jangan pasang kalimat suruh mengasihani dengan mencantumkan 'klik iklan bla bla bla' dan yang sejenis. Pengunjung kebanyakan risih jika menemui hal hal seperti itu.
#7 Atur pemasangan iklan
Iklan yang banyak memang memberikan peluang menjadi lebih banyak. Tapi, jangan sampai blogmu isinya hanya iklan. Yang biasa aja deh .. Ya?!
#8 Pasang lagu
Kalau memang membahas masalah musik atau blog personal, tidak apa-apa sih. Tapi kalau membahas yang lain [e-commerce], siap-siap kehilangan pengunjung deh. Masalah utamanya adalah berat dalam loading.
#9 Menampilkan IP Pengunjung
Anda bukan spy 'kan?? Jadi tidak usah lah ...
#10 Hindari widget yang OOT
Maksudnya?? Pasang sesuai dengan yang dibutuhkan aja.. Yang tidak penting lebih baik dihilangkan saja. Apalagi yang OOT [Out of Topic] alias tidak berhubungan.
#11 Limit Co-Pas!!!
Tidak ngomong tidak boleh lho ya.. Tapi saya pernah membaca supaya mengurangi copy-paste. Perbanyak tulisan sendiri. Kalaupun terpaksanya copas, di-recycle-lah dulu. Didaur ulang dulu. Sisipkan style kita. Jangan lupa cantumkan sumbernya juga. Belajar profesional harus belajar menghargai postingan orang lain.
#12 Perhatikan tanda baca dan penulisan kalimat
Postingan juga mempengaruhi. Terutama pemenggalan dengan koma, kapan waktunya de el el. Juga kalimat yang 'g pake basa basi' lebih disukai oleh pengunjung. Akhirnya pelajaran Bu Guru Indonesia dulu ada gunanya juga toh?? hehehe
#13 Perhatkan gambar
Grafik besar, bandwith kecil. Lama dong! Untuk antisipasi yang berbandwith kecil, perkecillah dan peringanlah grafik-grafik dalam blogmu. Hati-hati lho dengan grafik yang terlalu besar, hasil riset membuktikan load page yang terlalu lama sama dengan kaburnya maling visitor dari blog kita.
#14 Stop Dead Link!
Baik pembaca maupaun search engine sama-sama tidak menyukai hal ini. Buang-buang waktu, tidak ada ilmu hehehe
#15 Jangan terlalu banyak memposting artikel orang
mau ditinggal pengunjung karena lari ke sumbernya?? Dengan memposting artikel orang sama artinya juga dengan membari isyarat ke pengunjung 'ke sumbernya lebih baik'.
#16 Respon komentar dengan baik
Hargai semua komentar yang masuk. Balas komentar dengan bijak. Jangan sampai ada nada menggurui. Sebagian pengunjung tidak suka digurui.

Nah itu dulu kayaknya. Tangannya pegel hehehe

5 comments:

  1. Menarik tips-nya, terutama soal browser. Soalnya pernah sebelum posting saya nulis dulu di ms word dan pake beberapa jenis font kemudian baru dipastekan.
    Jika dilihat pada browser FF Mozilla & Opera ngga' ada masalah, tapi setelah buka di browser IE nampak kode-kode diatas postingan yang menunjukkan beberapa font tidak kompatibel :D

    ReplyDelete
  2. Aku pasang jam.... dan setelah banyak sekali orang yang bilang pasang jam itu ga beguna, aku jadi harus melepasnya....

    Duhai sayangku...
    ku takkan melupakanmu...
    setelah dua bulan bersama....
    berat sekali rasanya di dada....
    tapi banyak yang membencimu...
    jadi demi pengunjung blogku...
    ku harus rela melepasmu...
    oh... jamku....

    Sajak mengenai jam Alam...

    (Gila nih orang...)

    ReplyDelete
  3. @cecep
    Memang, setiap browser mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tapi yang sering bertolak belakang itu FF sama IE. Kadang kalau di FF dah baguus eh di IE jadi berantakan. Sebaliknya juga sama.
    @alam
    memang kamu tuh aneh.. hehehe :D

    ReplyDelete
  4. saya ijin bookmark situs ini.
    thnks info nya mas..

    ReplyDelete

Sangat dianjurkan berkomentar, tapi jangan nyepamm . OK?!