Pages

Mempercepat Loading Halaman

Mungkin sebagian dari Anda mengeluh tentang loading halaman web/blog-nya yang lambat dan ingin mempercepat page load. Memang loading halaman yang lambat sering kali mengganggu aktivitas berselancar kita. Apalagi jika kita sedang membutuhkan informasi yang penting namun halaman yang dituju yang diharapkan mampu memberikan informasi tak kunjung tampak. Hal seperti ini sangat perlu diperhatikan, mengingat tidak semua kecepatan internet [bandwith] yang digunakan setiap orang sama. Ada hasil penelitian yang menghasilkan argumen bahwa kita akan kehilangan pengunjung setiap detiknya sekian persen untuk loading halaman yang lambat. Bukankah hal seperti ini akan merugikan kita?? Apalagi mengingat kita sedang getol-gerolnya promosi situs?!

Loading halaman yang lambat tentu tidak terjadi dengan sendirinya. Banyak faktor yang mengakibatkannya. Akan tetapi sebagian besar lambatnya halaman dipengaruhi oeh faktor situs itu sendiri.

Lantas.. Mempercepatnya bagaimana??
Nah untuk lebih mempercepat loading halaman, dibawah ini ada tips yang mungkin akan berguna. Selamat menyimak.

# Tips 1
Perhatikan blog Anda. Adakah konten-konten yang tidak perlu, seperti :
  • Jam, Kalender, Ucapan-ucapan [greetings/salam]
    Aksesoris seperti ini hanya akan menambah beban page load blog Anda. Hilangkan saja. Lagipula jika Anda pikir dengan matang, kegunaan semua itu untuk apa?? Sadari tujuan Anda menciptakan blog. Orang berkunjung ke blog Anda dengan tujuan yang tentu tidak ingin hanya sekedar melihat jam dan kalender.
  • Gambar
    Terlebih lagi jika gambar yang dipasang di blog adalah gambar yang besar [belum diedit,sehingga kapasitasnya besar] dan diambil dari situs lain. Kecuali jika blog Anda memang membahas tentang seputar itu. Menggunakan gambar secukupnya tentu lebih baik. Jika Anda menggunakan gambar yang berada di pictures host, pastikan service tersebut memiliki bandwith yang cukup.

    Sebagian besar template menggunakan photobucket atau imageshack sebagai tempat hosting gambar mereka. Untuk mengantisipasi bandwith, ada baiknya Anda upload gambar tersebut ke hosting sendiri atau account sendiri.

  • Animasi flash
    Animasi flash meskipun menarik juga memakan bandwith untuk me-load-nya. Ada baiknya pemakaiannya dikurangi.
  • Embedded Song
    Terlebih lagi jika widget tersebut merupakan widget luar. Jika koneksi yang dipakai orang lain cepat tentu tidak masalah. Tapi bagaimana Anda dapat memastikannya???

# Tips Kedua
Kurangi penggunaan javascript. Penggunaan javascript yang berlebihan juga berpengaruh terhadap cepat atau lambatnya halaman diload. Terlebih jika script yang dipakai atau diload sedang sibuk atau dipakai. Pastinya akan lebih memakan waktu.

# Tips Ketiga
Pemakaian gambar untuk kebutuhan vital, lebih baik dipindah ke hostingan sendiri. Dan jika memungkinkan alangkah lebih baiknya jika gambar tersebut diedit atau dikecilkan lagi ukurannya.

Perhatikan ukuran gambar. Usahakan ukuran gambar setiap itemnya tidak lebih dari 10 KB.


# Tips Ketiga
Sebagian besar menggunakan CSS untuk mempercantik blogya. Penggunaan CSS compressor untuk pengooptimalan blog akan lebih membantu.

Faktor Eksternal
Selain dari faktor dari dalam, terkadang hal yang menyebabkan page dimuat terlalu lama adalah karena koneksi dari internet yang digunakan. Dalam kata lain, koneksi lemot. :D

9 comments:

  1. tips nya oke banget nih

    ReplyDelete
  2. Terima kasih kang sudah mau mampir. Insya Allah deh ditambah terus ....

    ReplyDelete
  3. Tips-tipsnya OK punya....
    bener2 luar biasa nih Mas..
    Makasih banget yah...
    ==========
    betah banget nih aku disini baca tips2nya....

    ReplyDelete
  4. @ Jovie
    Sama-sama mbak.
    Terima kasih atas apresiasinya
    *thom jadi tersipu...

    ReplyDelete
  5. mantap juga optimasi seo-nya om, bisa nongol di halaman pertama pencarian....sukses deh... soalnya isi lumayan sesuai dengan tag

    ReplyDelete
  6. Wah.. keren bangetz... Oke tipsnya...

    ReplyDelete
  7. tuker-tukeran link yuk http://belajarbisnismania.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. terima kasih atas informasinya .Oh iya kalau ada waktu silahkan mampir di www.selfmotivasion-zone.com.blogspot.com. itu seputar motivasi penyemangat agar kita tambah semangat melewati hidup yang semakin kejam ini.

    ReplyDelete
  9. pernah saya baca di blog tetangga... Mempercepat loading blog itu dg cara memadatkan script dr templates yg qt pake...
    Gmn tuh kang...??

    ReplyDelete

Sangat dianjurkan berkomentar, tapi jangan nyepamm . OK?!