Pages

K-Meleon, Browser Cepat dan Ringan

Browser K-MeleonBeberapa hari yang lalu iseng-iseng pergi ke warnet sehabis sholat taraweh. Belum seberapa lama online via Y!Messenger, teman saya juga online. Setelah lumayan lama ngbanyol dan ngalor-ngidul, saya ditawari 'K-Meleon'. Bingung juga dengan namanya. Susah juga ding. Saya lebih suka menyebutnya 'K-Melon'. Lebih simpel dan gampang di lidah ukuran orang jawa hehehe.

K-Meleon merupakan sebuah browser baru yang kalau ditelusuri masih mempunyai darah Mozilla, karena memang browser ini berasal dari perut yang sama yaitu berbasis perut tokek (Gecko 1.8.0.5). Namun demikian browser yang satu ini sangat jauh berbeda dengan FireFox. Jika FireFox selama ini disebut-sebut sebagai Si Rubah Api maka K-Melon ini bisa saja disebut sebagai Si Bunglon, disebabkan oleh K-Meleon yang berasal dari kata Chameleon yang berarti Bunglon.

Instalasi browser ini sangat cepat. Saya yakin jika instalasi K-Melon dengan FF akan dimenangkan oleh KM. Demikian juga dengan waktu membuka awal browsernya. Terhitung jauh lebih cepat. Memang, FF masih menjadi browser favorit saya. Namun, yang satu ini sangat rakus sekali dalam memakan memori. Terutama pada saat loading awal/ membuka browser FF. Juga pada performancenya. Hal ini akan terasa sekali jika ke warnet yang masih pentium III dan menggunakan RAM yang pas-pasan. Saking cepatnya, browser ini cuma 'mak clurut' ketika membuka browser. Berbeda dengan FF atau Flock yang mencapai 30 detikan.

Kinerja browser ini dalam memuat halaman sangat cepat dan lancar sekali. Coba bandingkanlah dengan IE, Opera dan bahkan FF. Perbedaannya terasa sekali.
Dari segi penampilan, KM tampil dengan menganut style minimalis. Yang ditampilkan hanya yang penting-penting saja. Sehingga memberi kesan lebar pada halaman yang dibuka. Jika kita mengenal istilah kata 'tab' pada FF, IE7, atau Opera maka di KM dikenal istilah 'layer'.
Dari segi performance, browser memberikan sesuatu yang sangat saya sukai. Cepat dan tidak bertele-tele. Kecepatan memuat [loading] halaman di KM bisa dan patut diacungi jempol. Patut dipertimbangkan. Seperti browser yang lain yang sudah dirilis versi portable-nya. Pun browser ini. Wuih .. lengkap sudah. Firefox atau K-Melon?? Dua-duanya sepertinya hehehe.... Semuanya nyantol dihatiku sih. Jadi bingung .. hehehehe
Belum punya K-Melon?? Si Browser Bunglon itu dapat didownload di sini.

Yang masih menjadi pertanyaan sampai sekarang adalah lambang apakah di background SI K-Melon ini??? Silahkan cermati deh. Menurut teman online saya waktu itu, katanya itu semacam lambang 'kelompok darkness' atau 'satanis' atau semacam itu, seperti di pilem-pilem. Benarkah???

3 comments:

  1. udah sering sih dapet pengunjung yang pke browser ini, tapi masih dikit mas yang pake

    ReplyDelete
  2. Iya juga sih..
    Kurang promosi kali ya.. tidak seperti Google yang belum dirilis ajah dah booming beritanya dimana-mana hehehe
    Ane juga cuma kadang-kadang aja pakenya kok hehehe
    Habis kalo mo pake musti instal. Males juga pake yang portable. RAM-nya pas-pasan. hehehehe

    ReplyDelete
  3. bodoh ah masalah lambang ngga gue pikiran. yang jadi pertanyaan gue ada ngga cara optimasi lebih untuk kak melon ini??
    share dong.

    ReplyDelete

Sangat dianjurkan berkomentar, tapi jangan nyepamm . OK?!