Pages

Tips Nge-blog

Ehem... tips kali ini akan membahas tentang bagaimana nge-blog yang asyik. Ngeblog 'kan ada ilmunya. Tips ini bagus bagi newbie [termasuk saya juga sebenarnya], sehingga bisa menjadi cambuk semangat serta menambah pengetahuan ngeblog. Pengalaman memang sangat penting. Tapi lebih penting kita belajar pengalaman orang lain terlebih dulu, sehingga pengalaman yang kita dapat nantinya lebih punya taste hehehe...
Terkadang semangat ngeblog kita lagi up kemudian kadang kala juga down. Bagi blogger semangat itu penting lho.. Tidak terbatas blogger ding! Semua kalangan sebenarnya harus selalu semangat. Namun yang akan saya utarakan ini adalah tentang blogger saja.

Sudah ah.. Sekarang simak baik-baik tips-tips berikut :
  • Jangan berkecil hati dengan komentar. Komentar merupakan pandangan individu. Sedangkan pandangan individu belum tentu sama antara yang satu dengan yang lain. Tampung saja komentar yang masuk. Kedepannya bisa dijadikan pertimbangan.. juga bisa di .. buang hehehehe
  • Tidak semua komentar perlu ditanggapi. Terlebih komentar yang bernada negatif. Sebagian pihak menggunakan komentar yang negatif untuk caper alias cari perhatian [berarti kita ada yang naksir dun hehehehe..] Abaikan saja
  • Denger-denger, tidak boleh menulis pada saat sedang marah. Kalau dipikir-pikir memang benar juga. Posisi marah adalah dimana kita sedang tidak stabil, sehingga bisa jadi nanti akan ada 'tragedi besar' karena tulisan yang ditulis pada saat marah di-publish.
  • Dibutuhkan waktu untuk menggaet pengunjung. Seperti pada toko yang baru dibuka. Sebelum dia punya pelanggan tetap, pasti toko tersebut terlihat sepi. Tapi tergantung si toko tersebut juga, dipromosikan ataukan hanya dibangun saja. Tahu maksudnya 'kan??
  • Tulislah mengenai hal yang Anda ketahui dan kalau bisa yang merupakan hobi kamu. Minimal yang kamu ketahui. Lebih top lagi jika itu merupakan hobi. Dengan demikian kamu akan lebih semangat dalam ngeblog. Juga kamu akan lebih santai dalam menulis dan terkesan 'profesional' atau paling tidak 'ahli'.
  • Buat network atau jaringan antar sesama blogger yang se-topik. Dengan demikian selain bisa bertukar informasi, bisa sekalian untuk promosi serta meningkatkan traffic dengan backlink. Lumayan 'kan???
  • Sering-seringlah berkunjung ke blog lain [syukur-syukur yang sudah ramai] atau blogwalking. Jangan lupa meninggalkan jejak [komentar].
  • Rajin posting. Keuntungannya, Google akan lebih sering mengindeks page yang up to date. Sehingga otomatis bisa sekalian meningkatkan traffic.
  • Lepas dari semua itu, jangan lupakan ini : Postinglah hal yang berkualitas.

Well... untuk kali ini sekain dulu. Insya Allah dalam waktu dekat akan segera sambung lagi dengan Tips* yang lain. Doa'akan dan tunggu saja :)

Update : Kabar gembira, tips blogging yang selanjutnya akan dirilis pada tanggal 5 Oktober. Tunggu saja ya ....

12 comments:

  1. Wekekekeke....... bagus mas Thom..... refleksi dari pengalaman diri ya?

    Tehehehehe...... tulisan yang bagus buat saya....

    ReplyDelete
  2. mantap terutama yang menulis jangan pas lagi marah itu :D

    ReplyDelete
  3. @syamsul
    Wedew ... kartu ane dibuka kekekekeke ,,,

    @tony
    nanti kalau pas lagi marah, bukannya tutorial yang ditulis malah curhat ... hehehehe

    ReplyDelete
  4. Sebagai pemula di komunitas blogger, tulisan ini informatif sekali buat saya. Dengan tahu lebih awal tips nge-blog spt ini, semoga saja kedepannya saya bisa memunculkan blog yang bermutu… yang tidak hanya bisa copy paste.. hehe jadi malu..

    ReplyDelete
  5. saya langsung praktek ni.., berkunjung.., he2.., salam kenal..

    Met Lebaran dan Mohon Maaf Lahir Batin.. :D

    ReplyDelete
  6. Tipsnya OK juga, jadi semangat D ngeblognya broo

    Selamat Idul fitri.
    O ya kalau boleh kasih saran matikan donk verifikasi katanya, capek kalo mau komen disini.
    apalagi kalo mata minus susah membaca gambar hurufnya. Thanks

    ReplyDelete
  7. Setuju banget nih dengan tips-nya. Terutama soal komentar negatif itu. Sudahlah, kalau ada komen negatif jangan ikut terbawa emosi. Jelaskan dengan baik dan dingin. :D

    ReplyDelete
  8. Seep Mantap banget tuh tips-nya, tinggal pekerjaan yang pangsusah aja ya yaitu menginplementasikannya, salam kenal bung

    ReplyDelete
  9. :) thx mas thom untuk kunjungannya :)

    Rgrds,
    -Ad0n-

    ReplyDelete
  10. Salam kenal mas, makasih udah berbagi Ilmu

    ReplyDelete
  11. saya ijin bookmark situs ini.
    thnks info nya mas..

    ReplyDelete
  12. thanks infonya .jadi makin semangat ngeblog ^_^

    ReplyDelete

Sangat dianjurkan berkomentar, tapi jangan nyepamm . OK?!